Newsletter

Ada Mitos Investor Mundur Dulu Jelang Pemilu, Benarkah?

Market - Hidayat Setiaji & M Taufan Adharsyah & Anthony Kevin, CNBC Indonesia
16 April 2019 05:37
Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar keuangan Indonesia mencatatkan kinerja positif pada perdagangan kemarin. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG), nilai tukar rupiah, dan harga obligasi pemerintah seluruhnya menguat. 

Kemarin, IHSG ditutup naik 0,46%. Sementara bursa saham utama Asia bergerak variatif. Indeks yang melemah adalah Hang Seng (-0,33%), Shanghai Composite (-0.34%), atau Straits Times (-0,13%) sedangkan yang menguat di antaranya Nikkei 225 (1,37%) dan Kospi (0,42%). 


Di kamar sebelah, rupiah mengakhiri perdagangan pasar spot dengan penguatan 0,25% terhadap dolar Amerika Serikat (AS). Rupiah berhasil menguat 3 hari beruntun dan menjadi mata uang dengan apresiasi terbaik di Asia. 



Kemudian di pasar obligasi, imbal hasil (yield) surat utang pemerintah seri acuan tenor 10 tahun turun 2 basis poin. Penurunan yield adalah pertanda harga instrumen ini sedang naik karena tingginya permintaan. 

Faktor pendorong IHSG dkk adalah rilis data perdagangan internasional. Badan Pusat Statistik (BPS) melaporkan neraca perdagangan Indonesia surplus US$ 540 juta pada Maret. Angka ini didapat dari ekspor yang terkontraksi alias minus 10,02% year-on-year (YoY) sementara impor juga turun 6,76% YoY. 

Dengan demikian, neraca perdagangan Indonesia telah mencatat suplus dalam 2 bulan beruntun. Pada Februari, surplus neraca perdagangan adalah US$ 330 juta. 


Artinya, ada harapan transaksi berjalan (current account) pada kuartal I-2019 akan membaik. Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi bocoran bahwa transaksi berjalan pada kuartal I-2019 masih defisit US$ 6,7 miliar. Meski defisit, tetapi lebih baik ketimbang kuartal sebelumnya yang mencapai minus US$ 9,15 miliar. 

Perbaikan di transaksi berjalan akan membuat rupiah punya pijakan yang lebih stabil. Stabilitas rupiah akan membuat aset-aset berbasis mata uang ini menjadi menarik, karena volatilitasnya terjaga. 


(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading