Ramalan IMF: The Fed Akan Naikkan Bunga di 2019!

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
09 April 2019 20:17
Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve akan menaikkan suku bunga acuannya satu kali tahun ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - Dana Moneter Internasional (IMF) memperkirakan bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve akan menaikkan suku bunga acuannya satu kali tahun ini.

Proyeksi tersebut berbeda dengan pernyataan dovish The Fed dalam rapat terakhirnya bulan lalu yang memutuskan menahan suku bunga acuan Federal Funds Rate di kisaran 2,25%-2,5%.

Selain itu, Gubernur The Fed dan koleganya sepakat untuk mempertahankan suku bunga itu sepanjang tahun ini alias tidak akan ada kenaikan bunga acuan lagi di 2019. Pernyataan ini berubah drastis dari perkiraan dua kali kenaikan yang disampaikan Desember lalu.


Berbeda dengan The Fed, IMF justru memperkirakan kenaikan suku bunga masih mungkin terjadi tahun ini.

"Federal funds rate AS diperkirakan naik menjadi sekitar 2,75% hingga akhir 2019, dengan satu kali kenaikan diproyeksikan terjadi tahun ini," tulis IMF dalam laporan World Economic Outlook (WEO) 2019 yang dirilis Selasa (9/4/2019).

Lembaga internasional asal Washington itu juga memperkirakan kebijakan suku bunga di Jepang akan tetap di sekitar nol persen hingga 2020 dan suku bunga negatif akan tetap diberlakukan di Uni Eropa hingga pertengahan 2020.
(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading