10 Hari Jelang Brexit, Poundsterling Sulit Bangkit

Market - Putu Agus Pransuamitra, CNBC Indonesia
02 April 2019 13:09
10 Hari Jelang Brexit, Poundsterling Sulit Bangkit
Jakarta, CNBC Indonesia - 10 hari jelang deadline Brexit dan belum adanya proposal Brexit yang disepakati oleh Parlemen Inggris membuat peluang terjadinya hard Brexit semakin terbuka lebar.

Dampaknya mata uang poundsterling kembali tertekan pada perdagangan hari ini Selasa (2/4/19) padahal Senin (1/4/19) kemarin mencatat penguatan yang cukup tinggi.

Pada pukul 12:20 WIB, pound terhadap dolar (GBP/USD) ditransaksikan di kisaran 1,3071, dan terhadap euro (EUR/GBP) di kisaran 0,8571.Pada Senin waktu Inggris kemarin ada empat proposal alternatif yang berhasil dibuat, namun sekali lagi satupun gagal meraih suara mayoritas saat dilakukan voting.


Proposal dari Perdana Menteri, Theresa  May, dibuat menelan hattrick  atau tiga kali kekalahan saat berhadapan dengan para anggota dewan Inggris itu.

Masih belum jelas apa sebenarnya yang diinginkan Parlemen Inggris membuat pound kembali tertekan terhadap dolar, bahkan terhadap euro yang notabene sedang mendapat sentimen negatif dari pelambatan inflasi di Zona Euro.

Analisis Teknikal GBP/USD

10 Hari Jelang Brexit, Poundsterling Sulit BangkitFoto: Grafik GBP/USD Periode 30 Menit                                          Sumber: MetaTrader 5

Setelah anjlok di awal perdagangan hari ini, GBP/USD terlibat bergerak lebih stabil dengan bergerak di antara Moving Average (MA) 8 (garis merah), 21 (garis hijau), dan 125 (garis biru).

Indikator MACD terlihat bergerak mendatar namun masih di wilayah negatif, indikator Stochastic juga mendatar.Dengan resisten terdekat di kisaran 1,3086, dalam jangka pendek GBP/USD berpeluang turun kembali ke area 1,3035 selama tertahan di bawah resisten tersebut. Jika area 1,3035 kembali ditembus, target selanjutnya ke area 1,3000.

Analisis Teknikal EUR/GBP

10 Hari Jelang Brexit, Poundsterling Sulit BangkitFoto: Grafik EUR/GBP Periode 30 Menit                                            Sumber: MetaTrader 5

Pada grafik 30 menit EUR/GBP bergerak di antara Moving Average (MA) 8 (garis merah), dan 21 (garis hijau), namun masih di bawah MA 125 (garis biru). Indikator MACD mendatar dan berada di wilayah positif, sementara Stochastic bergerak naik dari wilayah jenuh jual (oversold).

Support terdekat berada di kisaran 0,8565, selama area tersebut tidak ditembus EUR/GBP berpeluang naik ke area 0,8607. Namun jika support tersebut ditembus, GBP/JPY berpeluang turun ke area 0,8532.

TIM RISET CNBC INDONESIA  (pap/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading