Rupiah Memang Melemah, Tapi...

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
25 March 2019 16:55
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) hari ini ditutup melemah di perdagangan pasar spot. Namun depresiasi rupiah menipis dan dolar AS berhasil dilengserkan dari level Rp 14.200. 

Pada Senin (25/3/2019), US$ 1 dihargai Rp 14.175 kala penutupan perdagangan pasar spot. Rupiah melemah 0,11% dibandingkan posisi penutupan perdagangan akhir peka lalu. 

Kala pembukaan pasar, rupiah sudah melemah 0,21%. Selepas itu depresiasi rupiah semakin dalam dan dolar AS berhasil menembus kisaran Rp 14.200. Dolar AS bertahan di level tersebut nyaris seharian. 



Namun jelang penutupan pasar, rupiah mulai membaik. Mata uang Tanah Air berhasil menipiskan pelemahannya dan dolar AS berhasil diturunkan ke bawah Rp 14.200. 

Berikut pergerakan kurs dolar AS terhadap rupiah sepanjang hari ini: 

 

Rupiah termasuk dalam golongan minoritas yaitu mata uang Asia yang melemah di hadapan dolar AS. Selain rupiah, anggota kelompok ini adalah dolar Hong Kong, yen Jepang, dan dolar Singapura. 

Namun hal lain yang menunjukkan perbaikan kinerja rupiah adalah posisinya di klasemen mata uang utama Benua Kuning. Nyaris seharian ini rupiah menjadi mata uang terlemah di Asia, tetapi sekarang posisi itu menjadi milik yen.

Rupiah bahkan juga berhasil melawati ringgit yang menghuni peringkat kedua terbawah. Kini rupiah menjadi mata uang terlemah ketiga di Asia, masih terdepresiasi tetapi berhasil naik dua setrip dan tidak lagi menjadi juru kunci. 


Berikut perkembangan nilai tukar dolar AS terhadap mata uang utama Asia pada pukul 16:16 WIB: 




(BERLANJUT KE HALAMAN 2)


Rupiah Masih Melemah, Tapi Agak Membaik
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading