Butuh Dana, 3 Startup Bakal IPO Tahun Ini

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
20 March 2019 18:24
Butuh Dana, 3 Startup Bakal IPO Tahun Ini
Jakarta, CNBC Indonesia - Sebanyak tiga perusahaan rintisan (startup) di bawah binaan Bursa Efek Indonesia atau IDX Incubator siap mencatatkan saham perdana (initial public offering/IPO) pada tahun ini.

Direktur Penilaian Perusahaan Bursa Efek Indonesia (BEI) I Gede Nyoman Yetna menjelaskan, pihaknya membuka ruang bagi startup untuk mencari pendanaan di pasar modal lewat skema IPO. Sebab itu, BEI telah mempermudah perusahaan rintisan untuk melantai di pasar modal.

Hanya saja, BEI belum mengungkapkan detail terkait ketiga perusahaan rintisan tersebut dan target nilai emisi.


"Kami menargetkan tiga startup binaaan BEI tercatat tahun ini, kami memberi ruang bukan hanya perusahaan yang sudah mature [matang], tapi juga startup," ungkap Nyoman dalam acara Lunch Meeting di Jakarta, Rabu (20/3/2019).
 

Saat ini, katanya, ada 69 perusahaan rintisan di bawah naungan IDX Incubator yang tersebar di tiga kota.


Dari jumlah itu beberapa di antaranya Digimedia, Native, Kasipinjam, Bangsacerda.com, Indogold, SyarQ, Halofina, Tanijoy, dan lainnya.

Pada tahun 2018, perusahaan hasil binaan IDX Incubator yakni PT Yelooo Integra Datanet Tbk (YELO) yang bergerak di bisnis penyewaan modem traveling dengan merek Passpod, melantai di BEI pada 29 Oktober 2018.

Tidak hanya itu, tahun ini BEI cukup optimistis paling tidak ada 57 perusahaan yang mencatatkan saham dari total target 75 perusahaan yang IPO di tahun ini, selain pencatatan obligasi.

Sebelumnya BEI menyatakan sudah menyiapkan sejumlah strategi guna mengejar target pencatatan (listing) emiten baru tahun ini yang ditetapkan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) antara 75-100 emiten baru.

Tahun lalu, BEI menetapkan target jumlah perusahaan yang akan melaksanakan IPO sebanyak 35 emiten. Tapi akhirnya jumlah emiten baru mampu mencapai 57 perusahaan.
 


Simak proyeksi IHSG dan sentimen apa saja yang mempengaruhi.
[Gambas:Video CNBC]

(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading