Ini 10 Bank yang Sokong Buana Finance Rp 1,25 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
19 March 2019 17:29
Ini 10 Bank yang Sokong Buana Finance Rp 1,25 T
Jakarta, CNBC Indonesia - Perusahaan pembiayaan PT Buana Finance Tbk (BBLD) memperoleh fasilitas kredit sejak awal Januari hingga awal Maret ini mencapai total Rp 1,25 triliun dari sebanyak 10 perbankan guna menopang ekspansi pembiayaan perseroan.

Pada 18 Maret lalu, perusahaan yang fokus pada leasing (sewa guna usaha) alat berat dan pembiayaan konsumen mobil bekas ini mendapatkan kredit senilai Rp 50 miliar dari PT Bank Mayora. Pinjaman ini memiliki tenor selama 36 bulan yang dijaminkan dengan piutang perusahaan.

Berdasarkan keterbukaan informasi dari Bursa Efek Indonesia (BEI), kedua perusahaan telah melakukan penandatanganan pemberian fasilitas kredit pada Senin kemarin.



Ini bukan pertama kalinya tahun ini perusahaan memperoleh fasilitas kredit dari perbankan. Akhir pekan lalu, perusahaan juga baru menandatangani perjanjian yang sama dengan 8 bank dalam negeri.

Kedelapan bank-bank tersebut yakni PT Bank Central Asia Tbk (BBCA), PT Bank Permata Tbk (BNLI) dan PT Bank Pan Indonesia Tbk (PNBN). Lalu PT BPD Jawa Tengah, PT Bank Shinhan Indonesia, PT Bank Arta Graha Internasional Tbk (INPC), PT Bank SBI Indonesia dan PT Bank QNB Indonesia Tbk (BKSW).

Fasilitas pinjaman yang diberikan oleh delapan tersebut senilai Rp 1 triliun dengan jangka waktu selama 36 bulan.

Sebelumnya, pada 31 Januari, pendanaan lainnya juga didapatkan perusahaan dari PT Bank Tabungan Pensiunan Nasional Tbk (BTPN) senilai Rp 200 miliar dengan tenor maksimum 48 bulan.

Dengan demikian, total ada 10 perbankan yang menopang Buana Finance hingga Maret 2019.

Hingga akhir Februari 2019, perusahaan telah menyalurkan pembiayaan sebesar Rp 503 miliar atau naik 26,7% dibandingkan dengan periode yang sama tahun sebelumnya senilai Rp397 miliar.

Sepanjang 2018, Buana Finance menyalurkan pembiayaan total sebesar Rp 3,06 triliun. Tahun ini, perusahaan menargetkan penyaluran pembiayaan dapat tumbuh di kisaran 7% atau mencapai sekitar Rp 3,26 triliun.

Simak diskusi dengan Asosiasi Perusahaan Pembiayaan Indonesia (APPI) soal dana offshore.
[Gambas:Video CNBC]

(tas)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading