KNKT Sebut Boeing Sebar Surat ke 59 Maskapai Soal 737 MAX

Market - Muhammad Choirul Anwar, CNBC Indonesia
13 March 2019 18:34
KNKT Sebut Boeing Sebar Surat ke 59 Maskapai Soal 737 MAX
Jakarta, CNBC Indonesia - Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) menyebut, Boeing telah menyebar surat ke 59 maskapai terkait pesawat Boeing 737 MAX 8. Surat ini menyangkut sejumlah langkah yang akan dilakukan Boeing dalam waktu dekat.

"Sudah disebar ke seluruh dunia yang punya MAX, ada 59 airlines. Bahwa mereka [Boeing] akan lakukan perbaikan," kata Ketua Sub Komite Investigasi Kecelakaan Penerbangan KNKT, Nurcahyo Utomo, di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Rabu (13/3/2019).

Dia mengatakan, akan ada sejumlah solusi melalui training untuk pilot, perubahan manual, dan perubahan software. Hal ini juga dilaporkan Nurcahyo Utomo kepada Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman, Luhut Binsar Pandjaitan.




"Bahwa AS [Amerika Serikat] akan lakukan modifikasi terhadap pesawat ini. Pak Luhut sarankan grounded dulu sampai modifikasi selesai. Kalau sekarang belum ada yang berubah, grounded dicabut, malah lucu," imbuhnya.

Selain itu, KNKT juga melaporkan sejumlah langkah yang diambil bersama Kementerian Perhubungan. Dalam hal ini, KNKT bersama Kemenhub meminta izin ke otoritas penerbangan Ethiopia untuk membantu investigasi jatuhnya Ethiopia Airline beberapa hari lalu.

"Kita menawarkan ke Ethiopia, belum dijawab dari sana. Kalau diminta kami bersedia membantu. Kalau tidak mau dibantu masa tiba-tiba datang," tandasnya.

Saksikan video 'Kemenhub Larang Sementara Penerbangan Boeing 737 MAX 8'

[Gambas:Video CNBC]
(wed/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading