Voting Brexit di Depan Mata, Bursa Eropa Dibuka Menguat

Market - Wangi Sinintya Mangkuto, CNBC Indonesia
15 January 2019 16:04
Voting Brexit di Depan Mata, Bursa Eropa Dibuka Menguat
Jakarta, CNBC Indonesia - Pasar saham Eropa menguat saat dibuka, Selasa (15/1/2019), meski ketegangan jelang pemungutan suara Brexit membayangi bursa.

Indeks acuan London FTSE 100 naik 0,6%. Di zona euro, indeks DAX 30 di Frankfurt menguat hampir 1,0% dan CAC 40 di Paris melompat 0,8%, AFP melaporkan.



Parlemen Inggris mengadakan pemungutan suara bersejarah Selasa malam waktu setempat untuk menentukan nasib kesepakatan Brexit yang diajukan Perdana Menteri Theresa May. Semua pihak bersiap menghadapi gejolak ketika usulan tersebut hampir dipastikan ditolak.


"Peristiwa terpenting hari ini tidak diragukan lagi adalah pemungutan suara parlemen Inggris atas rencana Brexit Theresa May," kata analis Konstantinos Anthis di perusahaan perdagangan ADSS, dilansir dari AFP.

Pemungutan suara diperkirakan akan dimulai pukul 19.00 waktu setempat, dan ada banyak spekulasi tentang hasil potensial dan dampaknya bagi pound dan proses Brexit.



"Skenario yang paling mungkin adalah bahwa May akan kehilangan suara ini, tetapi apa yang terjadi setelahnya tergantung pada margin kekalahan," tambahnya.

Bursa-bursa Asia berhasil rebound dari penurunan tajam yang terjadi Senin lalu tetapi investor tetap waspada terhadap tanda-tanda pelemahan lebih lanjut dalam ekonomi global. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading