Akuisisi Rampung, BRI Resmi Miliki Anak Usaha Modal Ventura

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
21 December 2018 21:39
Akuisisi Rampung, BRI Resmi Miliki Anak Usaha Modal Ventura
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) akhirnya resmi memiliki anak usaha modal ventura setelah merampungkan akuisisi anak usaha PT Bahana Artha Ventura (BAV).

Berdasarkan keterbukaan informasi yang disampaikan kepada Bursa Efek Indonesia (BEI), aksi korporasi ini dirampungkan pada 20 Desember 2018. BRI mengakuisisi PT Sarana Nusa Tenggara Timur Ventura. Anak usaha ini memiliki aset Rp 3 miliar.

BRI menguasai anak usaha BAV ini setelah memborong 97,61% saham yang diterbitkan PT Sarana Nusa Tenggara Timur Ventura. Perusahaan ini kemudian berubah nama menjadi PT BRI Ventura Investama.


BRI menyatakan nilai transaksi ini tidak lebih dari 20% modal BRI sehingga bukan merupakan transaksi material.

"Pelaksanaan transaksi mengakibatkan BRI Ventures menjadi anak perusahaan yang terkonsolidasi dengan BRI dan diharapkan dapat mendukung tercapainya apresiasi BRI untuk menyediakan layanan keuangan terintegrasi," ujar sekretaris BRI Bambang, Tribaroto, Jumat (21/12/2018).

Pada akhir September lalu, BRI telah menandatangani perjanjian jual beli saham bersyarat dengan PT Danareksa (Persero).

Total nilai transaksi perjanjian itu mencapai mencapai Rp 819 miliar. Nilai itu dikeluarkan perusahaan untuk mengambil alih kepemilikan 67% Danareksa Sekuritas dan 35% Danareksa Investment Management.


Untuk Danareksa Sekuritas, BRI mengeluarkan dana sebesar Rp 447 miliar. Sementara untuk 35% saham Danareksa Investment Management, BRI merogoh kocek Rp 372 miliar.



[Gambas:Video CNBC]




(roy/dob)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading