Sah! Tower Bersama Akuisisi GOLD & akan Tender Offer

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
18 December 2018 13:51
Perusahaan pemilik menara telekomunikasi ini resmi membeli 160,44 juta saham yang setara dengan kemilikan 51% di GOLD yang disahkan pada 14 Desember lalu.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) resmi menjadi saham pengendali baru di PT Visi Telekomunikasi Infrastruktur Tbk (GOLD). Perusahaan pemilik menara telekomunikasi ini resmi membeli 160,44 juta saham yang setara dengan kemilikan 51% di GOLD yang disahkan pada 14 Desember lalu.

Berdasarkan informasi yang dirilis perusahaan, Tower Bersama membeli saham dari lima pemegang saham Visi Komunikasi sebelumnya dengan nilai transaksi mencapai Rp 35,45 miliar dengan eksekusi transaksi di harga Rp 221/saham.

Rincian transaksinya, TBIG membeli saham dari PT Amanda Cipta Persada dengan kepemilikan sebanyak 71,75 juta saham dengan kepemilikan sebesar 22,81% dan kepemilikan dari PT Mulia Sukses Mandiri sebesar 17,12% atau setara dengan 53,86 juta saham.

Kemudian, Tower Bersama juga membeli saham dari Scavino Ventures Ltd yang memiliki kepemilikan sebanyak 18,04 juta saham atau setara dengan 5,74%. Saham dari PT Lancar Distrindo sebanyak 10,95 juta (3,48%) dan milik PT Sukses Prima Sejati sebanyak 5,83 juta (1,85%) juga tak luput dari transaksi ini.


Pengambilalihan saham ini dinilai akan menguntungkan GOLD karena dapat memperluas jaringan usaha serta untuk memperkuat posisi bisnis perusahaan di bidang jasa infrastruktur telekomunikasi.

Setelah transaksi ini, perseroan wajib melakukan tender offer wajib seperti yang sudah diatur dalam peraturan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkecual untuk saham yang dimiliki oleh PT Amanda Cipta Persada, PT Mulia Sukses Mandiri, Scavino Ventures Ltd, PT Lancar Distrindo dan Sukses Prima Sakti.

[Gambas:Video CNBC]

(hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading