Akuisisi 19,79% Saham GHON, Tower Bersama Jadi Pengendali

Market - Tito Bosnia, CNBC Indonesia
02 October 2018 - 15:37
Akuisisi 19,79% Saham GHON, Tower Bersama Jadi Pengendali
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Tower Bersama Infrastructure Tbk (TBIG) telah mengakuisisi sekitar 19,79% atau 108,88 juta kepemilikan saham milik PT Gihon Telekomunikasi Indonesia Tbk (GHON) pada kuartal II-2018 silam.

Dengan akuisisi tersebut, perseroan baru saja menandatangani perjanjian pemegang saham GHON yang menyerahkan kuasa dan kewenangannya kepada perseroan (TBIG).

Dalam hal ini, TBIG berhak untuk melakukan pengusulan dan menetapkan pengurus baik untuk untuk anggota Direksi dan Dewan Komisaris perseroan saat ini.


Menurut informasi keterbukaan Bursa Efek Indonesia (BEI), TBIG juga berhak untuk menjadi pengendali langsung maupun tidak langsung dalam menentukan, baik langsung dan tidak langsung untuk mengelola kebijakan di dalam GHON.

Tujuan utama perubahan pengendalian di dalam GHON tersebut disebabkan oleh kedua perseroan yang memiliki lini usaha yang sama, sehingga kebijakan sama yang diberlakukan dapat menghasilkan sinergi yang lebih optimal.

Selain itu, laporan keuangan GHON per tanggal 1 Oktober 2018 dapat dikonsolidasikan ke dalam laporan keuangan TBIG.

Pemberi kuasa perubahan pengendalian tersebut disetujui dan diserahkan oleh Rudolf Parningotan yang memiliki 54,88% saham GHON, Hotma Linda Ebigail yang memiliki 8,66% saham GHON serta PT Gihon Nusantara Tujuh (7,22%). (hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading