Bersih-Bersih Buku, Bank QNB Jual Kredit Macet Rp 1,6 T

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
17 December 2018 13:21
Penjualan kredit macet ini menurunkan NPL Bank QNB Indonesia dari 4,16% menjadi 2.56%
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Bank QNB Indonesia Tbk (BKSW) melakukan penjualan kredit macet sebesar Rp 1,61 triliun kepada BDFK Limited. Penjualan ini menurunkan kredit bermasalah (NPL) turun dari 4,16% menjadi 2,56%.

Berdasarkan informasi yang dirilisnya, transaksi dengan nilai mencapai Rp 1,60 triliun ini dilakukan perusahaan dengan BDFK Limited, SPV pihak ketiga yang berlokasi di Cayman Island.

Skema pembeliannya, nantinya BDFK Limited akan melakukan pembayaran atas transaksi secara tunai senilai US$ 5,28 juta dan menyerahkan obligasi yang diterbitkannyah senilai US$ 21,12 juta. Obligasi ini memiliki tenor lima tahun dengan tingkat bunga 4,5%/tahun.


"Perseroan memiliki keyakinan yang cukup tinggi terhadap BDFK Limited karena surat berharga yang diterbitkan BDFK Limited sebagai pembayaran aset dijamin oleh SBLC yang diterbitkan oleh Qatar National Bank, selaku pemegang saham pengendali Perseroan, dimana Qatar National Bank memiliki credit rating "Aa3" dari Moody's, "A+" dari Fitch, dan "A" dari S&P. Qatar National Bank (Q.P.S.C.) juga termasuk dalam Top 200 Bank menurut Banker's Almanac," tulis informasi tersebut, seperti dikutip CNBC Indonesia, Senin (17/12).

Adapun transaksi ini merupakan transaksi afiliasi, alasannya Qatar National Bank yang merupakan pemegang saham pengendali Bank QNB Indonesia dengan kepemilikan saham 92,48% akan menerbitkan Standby Letter of Credit (SBLC) senilai US$ 67,67 juta untuk menjamin pembayaran obligasi yang diterbitkan BFDK.


Hingga akhir September lalu, kredit perusahaan mengalami penurunan 26,87% year-on-year (yoy) menjadi Rp 12,16 triliun. Pada periode tersebut perusahaan mencatatkan rugi senilai RP 160,08 miliar, namun turun jika dibanding dengan periode yang sama tahun sebelumnya yang rugi mencapai Rp 452,65 miliar.

[Gambas:Video CNBC]



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading