Jual Bisnis Kargo, AirAsia Indonesia Terima Rp 55,4 M

Market - Houtmand P Saragih, CNBC Indonesia
28 November 2018 - 12:38
Jual Bisnis Kargo, AirAsia Indonesia Terima Rp 55,4 M
Jakarta, CNBC Indonesia - PT AirAsia Indonesia Tbk (CMPP) menjual bisnis kargo yang dijalani selama ini kepada RedCargo Logistic Sdn. Bhd (Red Cargo). Dalam transaksi ini, Red Cargo harus membayar Rp 55,4 miliar sebagai jaminan pembayaran.

Dalam perjanjian master general cargo sales agent (GSA) cum management Service Agreement antar kedua pihak, disebutkan AirAsia Indonesia menjual kepada Red Cargo kapasitas kargo berikut dengan manajemen service kargo untuk semua penerbangan yang dimiliki perseroan.

Red Cargo menerima penunjukan tersebut untuk membeli kapasitas kargo untuk semua penerbangan AirAsia Indonesia yang ada saat ini dan rute pernerbangan di masa yang akan datang.

Jenis kargo yaitu cargo capacity dan cargo comercial management services (termasuk manajemen penjualan, pengaduan dari pelanggan dan klaim) untuk periode enam tahun kedepan.


Transaksi ini sebenarnya dilakukan dengan pihak terafilisasi, di mana Red Cargo merupakan anak usaha AirAsia Indonesia. Selain itu, Indonesia AirAsia dan Red Cargo merupakan entitas anak perusahaan dari AirAsia Grup Berhad.

Transaksi ini tidak memberikan dampak negatif bagi keungan perseroan. "Namun kami sampaikan dampak terhadap kondisi keuangan perseroan secara tidak langsung, terdapat ada kenaikan pendapatan dari bertambahnya pemasukan dari kegiatan kargo," kata Head of Corporate Secretary Indah Permatasari Saugi, dalam keterbukaan informasi yang disampaikan, Rabu (28/11/2018).


[Gambas:Video CNBC] (hps/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading