UE Setujui Perjanjian Brexit Inggris, Bursa Eropa Menguat

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
27 November 2018 06:47
UE Setujui Perjanjian Brexit Inggris, Bursa Eropa Menguat
Jakarta, CNBC Indonesia - Bursa-bursa utama Eropa menguat pada penutupan perdagangan hari Senin (26/11/2018) karena investor mencerna kabar terkait proses keluarnya Inggris dari Uni Eropa (UE) yang dikenal dengan istilah Brexit.

Indeks FTSE 100 di London melompat 1,2% ke posisi 7.036, indeks DAX di Frankfurt melesat naik 1,45% ke 11.354,72, dan indeks CAC 40 di Paris bertambah 0,97% menjadi 4.994,98.



Indeks Eropa Stoxx 600 ditutup naik tajam 1,27% dengan mayoritas bursa-bursa utama Benua Biru berada di zona positif. Sektor-sektor yang membukukan kinerja memuaskan hari Senin di antaranya perbankan, otomotif, dan asuransi, CNBC International melaporkan.


Selain itu, sektor energi juga mendapat dorongan setelah harga minyak sedikit menguat hari Senin setelah anjlok parah Jumat pekan lalu.

Para investor juga mendapat energi positif dari disetujui rancangan perjanjian Brexit yang diajukan Inggris oleh UE. Kini, kesepakatan tersebut tinggal menunggu persetujuan parlemen Inggris yang rencananya akan bertemu awal Desember untuk membahas hal tersebut.

Perdana Menteri Inggris Theresa May diperkirakan akan menghadapi tentangan dari banyak anggota parlemen, termasuk dari partainya sendiri, Partai Konservatif. Pemimpin UE telah menyerukan kepada semua pihak untuk mendukung kesepakatan yang diajukan May sebab ini adalah perjanjian terbaik yang mungkin dicapai kedua pihak.



Para pelaku pasar juga menantikan pertemuan G20 di Argentina yang juga akan mempertemukan Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump dan Presiden China Xi Jinping. Keduanya akan membahas perdagangan dan diharapkan akan menghasilkan titik terang bagi perseteruan dagang kedua negara. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading