Setahun Saham Raksasa Teknologi "FAANG" Anjlok Lebih 20%

Market - Iswari Anggit, CNBC Indonesia
20 November 2018 08:26
Setahun Saham Raksasa Teknologi
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham teknologi "terhantam keras" pada perdagangan hari pertama di minggu ini. Penurunan saham teknologi, dikarenakan sejumlah perusahaan AS di sektor ini mengalami kerugian.
Hantaman paling keras dirasakan saham FAANG, Facebook, Amazon, Apple, Netflix dan Google (Alphabet), yang mengalami koreksi terus selama 6 minggu terakhir karena perusahaan menyampaikan pendapatan yang mengecewakan dan perkiraan yang beragam.

Melansir dari CNBC Internasional, indeks Nasdaq Composite mengalami penurunan sebesar 3,0 persen, sebagai akibat dari turunnya saham Facebook, Apple, dan Nvidia.

Berikut rincian dari turunnya saham teknologi AS:

Facebook, pada pembukaan perdagangan minggu ini di Pasar Saham Wall Street, Facebook telah mencapai penurunan hingga level terendahnya sejak Februari 2017. Saham raksasa media sosial ini, turun lebih dari 5,72%.

Wall Street mencatat, penurunan saham Facebook dikarenakan oleh beberapa hal, seperti Facebook mengabaikan dan menyembunyikan kalau platformnya telah disalahgunakan oleh Rusia untuk mengganggu pemilu AS di tahun 2016 dan baru-baru ini, CEO Facebook, Mark Zuckerberg menyalahkan Sheryl Sandberg atas skandal Cambridge Analytica.


Apple, Saham Apple turun 3,96% karena perusahaan di Cupertino, California ini, telah memangkas produksi untuk tiga jenis iPhone terbarunya yakni, iPhone XR, XS, dan XS Max model, yang diluncurkan pada tahun ini.

Lalu saham Amazon yang terkoreksi 5,09% dan dalam setahun turun 25,4%. Saham Netflix anjlok 5,45% dan dalam 52 minggu terakhir harga saham Netflix sudah anjlok 35,6%. Kemudian saham Google (Alphabet) yang turun 3,82% dan sudah turun 20,3% dalam setahun.

Hasil penutupan pasar saham Wall Street, di hari pertama perdagangan dalam minggu ini, merujuk pada kesimpulan kalau "FAANG" masuk dalam "bear market" (istilah yang digunakan menggambarkan tren pasar saham yang cenderung menurun drastis).

Masing-masing saham "FAANG" yakni, Facebook, Apple, Netflix, dan Google-parent Alphabet, anjlok ke bear market dengan penurunan 20 persen atau lebih dalam setahun. (hps/hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading