Fitch Beri Rating Investment Grade ke Obligasi Pertamina

Market - Roy Franedya, CNBC Indonesia
02 November 2018 11:30
Pertamina terbitkan obligasi global sebesar US$750 juta berbunga 6,5% per tahun dan jatuh tempo 2048.
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga pemeringkat Fitch Rating menyematkan peringkat "BBB" atau investment grade pada obligasi sebesar US$750 juta (Rp 11,25 triliun) yang diterbitkan oleh PT Pertamina (Persero).

Obligasi ini akan jatuh tempo pada 2048 dengan bunga 6,5% per tahun. Fitch juga memberikan outlook stable. Obligasi ini merupakan bagian dari rencana Pertamina menerbitkan surat utang US$10 miliar.

Fitch mengungkapkan, rating obligasi global ini sama dengan rating Indonesia ("BBB"/stable). Fitch juga mengatakan, penilaian ini karena Pertamina dan Pemerintah memiliki hubungan yang kuat dalam memberikan dukungan.


"Penetapan peringkat akhir ini mengikuti peninjauan dokumentasi akhir, sesuai dengan informasi yang sudah diterima. Peringkat akhir sama dengan peringkat yang diberikan pada 19 Oktober 2018," ujar Fitch dalam keterangan resmi yang diterbitkan pada 1 November 2018.

Menurut penilaian Fitch Pertamina memiliki likuiditas yang kuat. Pada akhir 2017, Pertamina memiliki kas sebesar US$5,2 miliar. Angka ini turun dari kas tahun 2016 sebesar US$5,3 miliar.

Fitch meyakini Pertamina akan mengelola aksesnya pendanaan perbankan dan pasar modal yang akan mampu memenuhi kewajiban obligasi dan mendapatkan dana untuk ekspansi.


(roy/wed)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading