Internasional

Laba Deutsche Bank di Kuartal III Cuma Rp 4 T, Anjlok 65%

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
25 October 2018 13:20
Laba Deutsche Bank di Kuartal III Cuma Rp 4 T, Anjlok 65%
Jakarta, CNBC Indonesia - Kinerja keuangan kuartal ketiga dan proyeksi pendapatan yang suram dari Deutsche Bank memunculkan tanda tanya pada hari Rabu (24/10/2018) mengenai apakah bank ini mampu mencetak laba tahun ini. Hal itu menyebabkan harga sahamnya tertekan.

Setelah tiga tahun mencatatkan kerugian, stress test yang gagal, menjalani beberapa upaya restrukturisasi, perombakan kepemimpinan, dan mengalami penurunan peringkat, banyak investor telah kehilangan kepercayaan pada bank terbesar Jerman itu. Harga saham perusahaan telah turun 43% tahun ini.



Meskipun Deutsche Bank mengatakan berada di jalur yang tepat untuk menghasilkan laba tahun ini, perusahaan mencatatkan penurunan tajam untuk laba kuartal ketiga akibat proses restrukturisasi di bawah pimpinan CEO baru, Christian Sewing.


Harga sahamnya turun 4,5% setelah bank memperkirakan pendapatan tahun ini akan turun dibandingkan tahun lalu.

"Biaya kami di bawah kendali dan memiliki cukup modal untuk tumbuh. Kami berada di jalur untuk memperoleh keuntungan pada 2018, untuk pertama kalinya sejak 2014," kata Sewing, melansir Reuters.

Laba bersih pada kuartal ketiga turun 65% menjadi 229 juta euro (Rp 4 triliun), turun dari 649 juta euro setahun lalu, tetapi melampaui perkiraan 149 juta euro dalam jajak pendapat analis Reuters.

Sebagai perbandingan, laba kuartal ketiga PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk (BBRI) yang merupakan bank dengan keuntungan tertinggi di Indonesia mencapai Rp 8,61 triliun.

Sementara itu, pendapatan Deutsche Bank di kuartal itu mencapai 6.175 miliar euro, turun 9% dari 6.776 miliar tahun lalu.

"Sulit untuk menemukan sesuatu yang positif dalam kinerja terbaru Deutsche Bank, ada kelemahan di seluruh lini bisnis," kata Octavio Marenzi, CEO konsultan manajemen pasar modal, Opimas.

Laba Deutsche Bank di Kuartal III Cuma Rp 4 T, Anjlok 65%CEO Deutsche Bank Christian Sewing (Foto: REUTERS/Kai Pfaffenbach)
Kuartal ini ditandai oleh berlanjutnya pelemahan dalam bisnis perdagangan utama Deutsche Bank, di tengah volatilitas yang lebih rendah. Pendapatan di divisi perdagangan obligasi turun 15%, sementara pendapatan dari perdagangan ekuitas juga turun 15%.

"Kami belum mencapai turnaround dalam hal pendapatan," tulis Sewing dalam memo kepada staf setelah Deutsche Bank mengatakan mereka memperkirakan pendapatan 2018 menjadi sedikit lebih rendah dibandingkan dengan 2017 karena restrukturisasi perbankan investasinya.

Direktur Keuangan Deutsche Bank James von Moltke mengatakan ini adalah hasil kuartal ketiga yang lebih buruk dari perkiraan.

JPMorgan mengatakan dalam sebuah catatan riset bahwa mereka "khawatir tentang ketidakmampuan DB untuk memperoleh keuntungan" di bidang utama seperti pendapatan tetap dan penjualan ekuitas dan perdagangan dan bank transaksinya.

Sewing mengambil alih jabatan pada bulan April dan berencana untuk memangkas lebih dari 7.000 pekerjaan. Jumlah pegawai di akhir kuartal adalah 94.717, turun sekitar 700 orang selama kuartal tersebut.



Berbeda dengan Deutsche Bank, beberapa bank besar AS telah membukukan keuntungan yang tinggi.

Goldman Sachs melaporkan peningkatan laba kuartalan sebesar 20,5% seiring pertumbuhan dalam perdagangan ekuitas dan bisnis penjaminan yang menyebabkan penurunan dalam perdagangan pendapatan tetap. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading