Perkembangan Teknologi

7 Bank Internasional Luncurkan Jaringan Pembiayaan Digital

Tech - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
18 October 2018 16:07
7 Bank Internasional Luncurkan Jaringan Pembiayaan Digital
Madrid, CNBC Indonesia - HSBC dan Banco Santander adalah dua dari tujuh bank yang telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) pembuatan jaringan digital global di bidang pembiayaan perdagangan. Jaringan itu memungkinkan adanya pendanaan lebih murah dan lebih mudah untuk korporasi, kata manajer Santander, Rabu (17/10/2018).

Grup Perbankan Australia dan Selandia Baru ANZ, BNP Paribas, Citibank, Standard Chartered, dan Deutsche Bank juga setuju untuk bergabung dengan jaringan informasi perdagangan digital yang diharapkan dapat beroperasi pada kuartal ketiga tahun depan.





"Ini adalah kali pertama bank-bank ini bersatu untuk menetapkan standar (...) yang akan memungkinkan akses pembiyaan lebih murah karena risiko akan berkurang," kata Rogier Schulpen, kepala solusi perdagangan global di Banco Santander, dalam sebuah wawancara telepon, dilansir dari Reuters.

Dalam pembiayaan perdagangan, bank menyediakan pendanaan dan layanan lainnya kepada para importir dan eksportir untuk memfasilitasi perdagangan. Tetapi setiap bank berurusan secara terpisah dengan klien dan menggunakan standar yang berbeda.

Dengan menghubungkan korporasi, pemasok dan bank melalui platform digital yang telah distandarisasi, jaringan itu dapat menurunkan biaya karena perusahaan kecil dan menengah akan dapat mengirimkan dan memverifikasi pesanan pembelian serta faktur untuk meminta pembiayaan perdagangan dari bank pilihan mereka.

7 Bank Internasional Luncurkan Jaringan Pembiayaan DigitalStandard Chartered (Foto: Keith Tsuji/CNBC)
Karena bank-bank tersebut akan memiliki akses ke informasi perdagangan terpercaya, jaringan itu dapat mengurangi risiko pembiayaan ganda dan informasi perdagangan palsu di seluruh industri.

Schulpen mengatakan 20 bank lagi membantu mengembangkan jaringan dan siap untuk bergabung serta 60 perusahaan besar telah didekati untuk berpartisipasi.

Schulpen tidak menetapkan target untuk ukuran platform tetapi mengatakan ia berharap dapat membiayai bagian "signifikan" dari permintaan US$1,5 triliun per tahun untuk pembiayaan perdagangan dari perusahaan kecil dan menengah yang saat ini tidak dipenuhi oleh industri karena biaya dan risiko yang lebih tinggi.




Jaringan ini memiliki arsitektur terbuka dan konektivitas standar berdasarkan model tata kelola yang mirip dengan SWIFT.

SWIFT adalah sistem bertukar pesan yang digunakan oleh bank di seluruh dunia untuk mengirim informasi dan instruksi dalam format terenkripsi melalui saluran aman. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading