Internasional

Setelah Tekor 4 Tahun, Deutsche Bank Akhirnya Cetak Laba

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
01 February 2019 15:47
Setelah Tekor 4 Tahun, Deutsche Bank Akhirnya Cetak Laba
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank asal Jerman, Deutsche Bank, akhirnya membukukan laba bersih setahun penuh untuk kali pertama sejak 2014. Hasil itu dicapai meski pendapatan di kuartal keempatnya lemah dan bank sedang menghadapi serangkaian tekanan terkait spekulasi merger dan hal lainnya.

Deutsche Bank membukukan laba 341 juta euro atau sekitar Rp 5,4 triliun sepanjang 2018, menurut pengumuman perusahaan, Jumat (1/2/2019). Meski begitu, labanya masih jauh di bawah proyeksi pasar dalam jajak pendapat Reuters sebesar 461 juta euro.



Untuk kuartal keempat saja, bank membukukan kerugian 409 juta euro, yang juga melenceng dari proyeksi.


"Kembalinya kami mencetak laba menunjukkan bahwa Deutsche Bank berada di jalur yang benar. Sekarang, prioritas kami adalah mengambil langkah berikutnya," kata CEO Christian Sewing dalam pernyataannya, dilansir dari CNBC International.

Setelah Tekor 4 Tahun, Deutsche Bank Akhirnya Cetak LabaFoto: REUTERS/Kai Pfaffenbach

"Pada 2019 kami bertujuan untuk tidak hanya menghemat biaya tetapi juga membuat investasi terfokus dalam pertumbuhan. Kami bertujuan untuk menumbuhkan profitabilitas secara substansial di tahun berjalan dan tahun-tahun ke depannya," tambahnya.

Penghasilan bersih untuk tahun lalu mencapai 25 miliar euro dan 5,5 miliar untuk kuartal terakhir tahun 2018, sama-sama nyaris meleset dari perkiraan dalam jajak pendapat Reuters.



Bank asal Jerman itu telah berada di bawah pengawasan ketat oleh investor akibat adanya masalah yang berkepanjangan dan berkelanjutan. Kinerja bank telah terganggu oleh denda dan beberapa upaya restrukturisasi yang gagal.

Baru-baru ini, kantor pusatnya digerebek oleh jaksa di tengah penyelidikan pencucian uang, mengutip CNBC International. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading