Internasional

Prudential & Sun Life Dikabarkan Tawar Commonwealth Life

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
28 September 2018 15:38
Setidaknya 5 perusahaan asuransi telah mengajukan penawaran atas kepemilikan saham mayoritas PT Commonwealth Life.
Hong Kong, CNBC Indonesia - Setidaknya lima perusahaan asuransi, termasuk Prudential dari Inggris dan Sun Life dari Kanada, telah mengajukan penawaran atas kepemilikan saham mayoritas di perusahaan asuransi Commonwealth Bank Australia (CBA) di Indonesia, menurut beberapa orang yang mengetahui proses tersebut, dikutip Reuters.

Penjualan saham yang ditaksir senilai US$250 juta (Rp 3,7 triliun) hingga US$300 juta itu juga telah menerima penawaran kedua dari perusahaan asuransi FWD Group, Great Eastern Holdings, dan Sequis Life, menurut tiga narasumber.





Bank terbesar di Australia itu sedang berusaha menjual 80% kepemilikan sahamnya di PT Commonwealth Life yang saat ini telah ada di 20 kota di Indonesia dengan lebih dari 500.000 nasabah, menurut laporan Reuters di Januari.

Ketertarikan berbagai perusahaan asuransi dunia pada kepemilikan PT Commonwealth Indonesia menjadi contoh terbaru keinginan firma global untuk mengembangkan bisnisnya ke Asia Tenggara.

Di bulan Maret, CBA mengonfirmasi sedang melakukan tinjauan strategis atas bisnis asuransi jiwanya di Indonesia dan telah bekerja dengan penasihat eksternal untuk panduan kemungkinan penjualan perusahaan itu di kemudian hari.




Penawaran tahap kedua itu diajukan pekan lalu, kata para narasumber, dan menambahkan bahwa beberapa pembeli potensial akan disaring dalam beberapa pekan ke depan sebelum CBA mengambil keputusan.

Perwakilan CBA, FWD, Great Eastern, Prudential, dan Sun Life menolak berkomentar. Sequis mengatakan tidak dapat berkomentar karena terikat perjanjian non-disclosure.







(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading