Internasional

Selain Suku Bunga, The Fed Juga Naikkan Proyeksi Ekonomi AS

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
27 September 2018 06:50
The Fed memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) AS akan mencapai 3,1% di tahun ini, naik dari perkiraan yang dibuat di bulan Juni sebesar 2,8%.
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank sental Amerika Serikat (AS) Federal Reserve/ The Fed menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin menjadi 2%-2,25% hari Rabu (26/9/2018). Hal ini sesuai dengan apa yang telah diperkirakan pasar sebelumnya.

Bersamaan dengan langkah tersebut, para anggota komite penentu kebijakan The Fed, Federal Open Market Committee (FOMC), juga memberikan pandangan yang lebih optimistis terkait pertumbuhan ekonomi Negeri Paman Sam.



Dalam proyeksi kuartalan terbarunya, para pejabat FOMC memperkirakan pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) AS akan mencapai 3,1% di tahun ini, naik dari perkiraan yang dibuat di bulan Juni sebesar 2,8%.


Proyeksi pertumbuhan untuk tahun 2019 juga dinaikkan menjadi 2,5% dari sebelumnya 2,4%. Perkiraan pertumbuhan untuk tahun 2020 tidak berubah di 2%, CNBC International melaporkan.

Gubernur The Fed Jerome PowellFoto: REUTERS/Aaron P. Bernstein
Gubernur The Fed Jerome Powell
FOMC juga merilis proyeksi pertumbuhan ekonomi untuk tahun 2021, sesuatu yang kali pertama mereka lakukan. PDB AS diperkirakan akan tumbuh 1,8% di tahun tersebut.

"The Fed melihat pertumbuhan ekonomi di 2021 yang melambat, dan ini untuk kali pertama mereka mengatakannya," kata Mark Cabana, kepala short rate strategy untuk AS di Bank of America Merrill Lynch. "Saya kira keyakinan mengenai berapa lama perekonomian diperkirakan tetap kuat sedang memudar."

Angka pengangguran diperkirakan lebih tinggi, yaitu 3,7% dari 3,6% yang diperkirakan di bulan Juni.



Komite juga masih mengindikasikan satu kali lagi kenaikan suku bunga sebelum akhir tahun ini dan tiga kali lagi di 2019. Ada satu kenaikan di 2020 sehingga kisaran median menjadi 3,4% hingga 2021 sebelum turun menjadi 3% dalam jangka panjang, lebih tinggi dari proyeksi bulan Juni sebesar 2,9%.

[Gambas:Video CNBC]


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading