Internasional

The Fed Naikkan Bunga Acuan, Isyaratkan Stance Hawkish

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
27 September 2018 06:05
The Fed Naikkan Bunga Acuan, Isyaratkan Stance Hawkish
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank sentral Amerika Serikat (AS) Federal Reserve/ The Fed pada hari Rabu (26/9/2018) menaikkan suku bunga acuannya sebesar 25 basis poin (bps).

Sebagaimana yang telah diperkirakan sebelumnya, Federal Open Market Committee (FOMC)menaikkan suku bunganya menjadi di kisaran 2%-2,25%. Ini adalah kenaikan kedelapan yang terjadi sejak The Fed mulai melaksanakan kebijakan normalisasi suku bunga di Desember 2015, dikutip dari CNBC International.



Suku bunga bank sentral ini menjadi acuan untuk berbagai bentuk pinjaman konsumen serta tabungan dan deposito.


Bersamaan dengan kenaikan bunga acuan tersebut, FOMC juga memperkirakan akan ada satu kali lagi peningkatan suku bunga sebelum akhir tahun dan tiga kenaikan di 2019.

[Gambas:Video CNBC]
The Fed sebelumnya mempertahankan suku bunga rendahnya di sekitar 0% sejak Desember 2008 hingga siklus kenaikan suku bunga ini terjadi demi membawa AS keluar dari krisis keuangan. Sejak saat itu, bank sentral telah menjalankan normalisasi kebijakan moneter melalui kenaikan suku bunga yang konsisten namun bertahap.

Federal Reserves/ The FedFoto: Reuters
Federal Reserve/ The Fed
Langkah terbaru dalam proses normalisasi itu tergambar dalam pernyataan The Fed hari Rabu yang menghilangkan kalimat "stance kebijakan moneter tetap akomodatif".

"Komite memperkirakan kenaikan target federal funds rate secara bertahap di masa depan akan konsisten dengan pertumbuhan kegiatan ekonomi, kondisi pasar tenaga kerja yang kuat, dan inflasi yang mendekati target simetris 2% Komite dalam jangka menengah," menurut pernyataan tertulis The Fed.

"Risiko terhadap proyeksi ekonomi tersebut nampak seimbang."


(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading