Terkendala Alat Berat, ITMG Tak Ikut Genjot Produksi di 2018

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
29 August 2018 19:04
Terkendala Alat Berat, ITMG Tak Ikut Genjot Produksi di 2018
Jakarta, CNBC Indonesia- Meski pemerintah menambah kuota produksi batubara sebanyak 100 juta ton di tahun ini , PT Indo Tambangraya Megah Tbk (ITMG) belum berencana untuk mengambil jatah mereka untuk turut genjot produksi.

ITMG akan melihat situasi dan kondisi terlebih dahulu, tsaat ini perusahaan masih tetap pada rencana produksi awal yakni sebesar 22,5 juta ton.Direktur Operasi ITMG AH Bramantya Putra menjelasakan, penyebabnya adalah kelangkaan alat berat yang sangat terasa efeknya.



"Sebetulnya, kalau kami lihat peluang ini, tentunya kami ingin tambah produksi, tapi pada dasarnya, kondisi saat ini tidak semua mendukung ke arah peningkatan produksi yang tiba-tiba. Yang paling terasa itu dari kelangkaan alat berat, bahkan untuk 2018 ini kami harus lakukan pemesanan satu tahun sebelumnya," terang Bramantya kepada media ketika dijumpai di acara Investor Summit 2018, di Gedung BEI, Jakarta, Rabu (29/8/2018).


Lebih lanjut, ia mengatakan, selain alasan tersebut, penyebab lainnya yakni kondisi pasar saat ini yang juga akan cukup penuh jika jumlah produksi ditambah. Hal ini dikhawatirkan berdampak pada harga.

l"Jadi kami coba atur saja, kalau memang ada peluang untuk bisa lakukan peningkatan, tentunya akan kami ambil, tapi paling hanya tambah sedikit saja," pungkas Bramantya.

Adapun, PT Adaro Energy Tbk (ADRO) sudah memutuskan untuk cenderung tidak menambah produksi perusahaan. Direktur Adaro Energy Syah Indra Aman mengatakan, perusahaan juga tidak bisa secara tiba-tiba mengajukan penambahan produksi, karena pada dasarnya prinsip kerja Adaro adalah jangka panjang.

"Tahun depan produksi kami pun cenderung flat, sama seperti sekarang di 54-56 juta ton. Kalau naik mungkin hanya sedikit saja, dan naikkan produksi cenderung melihat kebutuhan domestik seperti apa. Kalau untuk negara, ADRO akan bantu," ujar Indra ketika dijumpai di kesempatan yang sama.



(gus)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading