Internasional

Pembuat Mobil James Bond akan IPO di Bursa London

Market - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
29 August 2018 15:40
Aston Martin memiliki valuasi US$6,4 miliar.
London, CNBC Indonesia - Aston Martin, pembuat mobil mewah asal Inggris yang dikenal sebagai mobil andalan dari agen fiksi "007", James Bond, Pada hari Rabu (29/8/2018) mengatakan berencana untuk melepas 25% saham di Bursa saham London.

Informasi lebih lanjut mengenai Initial Public Offering (IPO) itu akan diumumkan pada 20 September 2018, kata Aston Martin dalam laporan yang menyebutkan bahwa perusahaan bervaluasi hingga US$ 6,4 miliar (Rp 93 triliun).

"Pengumuman hari ini merupakan tonggak utama dalam sejarah perusahaan, yang memiliki hasil keuangan yang kuat dan permintaan global yang meningkat untuk mobil sport pemenang penghargaan," kata Andy Palmer, kepala eksekutif Aston Martin, dikutip dari AFP.


Produsen mobil ini telah memulai produksi sejak tahun 1913 dan dikendalikan oleh dana ekuitas swasta Italia Investindustrial dan para investor Kuwait.

Produsen mobil Jerman, Daimler AG, akan tetap mempertahankan sahamnya yang mendekati 5%, kata Aston Martin.

Aston Martin berbasis di Gaydon di Inggris tengah dan telah berusia seabad. Perusahaan ini mulai dikenal sejak peluncuran DB5 sports car, yang merupakan mobil favorit dari James Bond yang dibintangi Sean Connery.



(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading