Pemerintah Beri Izin Impor, HOKI: Harga Jual Beras Bisa Turun

Market - Monica Wareza, CNBC Indonesia
29 August 2018 13:18
Ini membuat perusahaan yang berniaga beras, yang lebih rendah dari saat ini.
Jakarta, CNBC Indonesia - PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) menyebutkan langkah pemerintah untuk membuka impor beras akan berdampak positif lantaran bisa menekan harga jual beras di dalam negeri. Ini membuat perusahaan yang berniaga beras, yang lebih rendah dari saat ini.

Investor Relation Buyung Poetra Dion Surijata mengatakan langkah impor beras ini merupakan salah satu antisipasi pemerintah dalam menghadapi musim paceklik yang akan terjadi yang berdampak pada menurunnya supply beras dalam negeri.

"Kita kan belinya beras dan gabah, kalau ada impor maka harga beli kita juga akan turun karena supply beras banyak," kata Dion di Gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Rabu (29/8).

Pemerintah melalui rapat koordinasi terbatas (rakortas) di tingkat Kementerian Koordinator bidang Perekonomian memutuskan izin impor sebanyak 2 juta ton. Sebanyak 1 juta ton, yang merupakan bagian dari total izin 2 juta ton itu, akan diimpor di sisa akhir tahun ini.


Adapun perusahaan justru akan meningkatkan volume produksinya yang ditagetkan akhir tahun ini bisa menjadi 55 ribu ton per jam dari posisi saat ini sebanyak 30 ribu ton per jam. Belum lagi ditambah dengan pabrik barunya yang akan selesai akhir 2019 mendatang.

Sementara itu, perusahaan sudah bekerja sama dengan peritel Alfamart untuk menjual beras di kawasan Sumatera. "Kalau co-branding dengan Alfamart itu di Sumatera saja dan belum bisa bicara bagaimana dampak penjualannya karena tergantung demand di sana juga," jelas dia.
(hps)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading