Penjualan Beras HOKI Naik 10% Selama Ramadan & Lebaran

Market - Syahrizal Sidik, CNBC Indonesia
17 June 2019 13:48
Penjualan Beras HOKI Naik 10% Selama Ramadan & Lebaran
Jakarta, CNBC Indonesia - Emiten konsumer beras kemasan PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) memperkirakan akan mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar 5%-10% sepanjang Ramadan dan Lebaran tahun ini.

Investor Relations HOKI, Dion Ferdinand, menjelaskan seiring Ramadan dan Lebaran yang jatuh pada Mei dan Juni, kinerja triwulan kedua tahun ini diperkirakan lebih baik dari periode yang sama tahun sebelumnya. Dia meyakini sepanjang tahun ini pendapatan akan tumbuh 15% secara tahunan atau year-on-year.



"Memang masa Lebaran ada peningkatan 5%-10%, dan kita lihat di kuartal II-2019 ini kemungkinan lebih baik dari tahun lalu," kata Dion saat paparan publik perseroan di Bursa Efek Indonesia, Senin (17/6/2019).


Sebagai gambaran, dalam laporan keuangan perusahaan denganĀ kode saham HOKI itu pada triwulan pertama 2019, penjualan mencapai Rp 398,62 miliar, naik 4,8% dari periode yang sama tahun sebelumnya Rp 380,42 miliar. Namun, perolehan laba bersih sebesar Rp 25,48 miliar sedikit terkoreksi pada 3 bulan pertama tahun ini dari periode triwulan pertama tahun lalu sebesar Rp 26,61 miliar.

Adapun sepanjang tahun 2018, HOKI mencatatkan pendapatan Rp 1,43 triliun dengan perolehan laba bersih Rp 90,19 miliar.

Penjualan Beras HOKI Naik 10% Selama Ramadan & Lebaran Foto: Emiten konsumer beras kemasan PT Buyung Poetra Sembada Tbk (HOKI) mencatatkan kenaikan pendapatan sebesar 5-10% sepanjang Ramadan dan Lebaran tahun ini. (CNBC Indonesia/Syahrizal Sidiq)


Genjot Produksi

Direktur HOKI Budiman Susilo mengatakan saat ini perseroan tengah menambah kapasitas produksi beras untuk mengurangi overtime di pabrik eksisting dan mengantisipasi pertumbuhan beras kemasan di tahun depan.

Pada tahun ini, perusahaan menggelontorkan belanja modal sebesar Rp 100 miliar yang bersumber dari kas internal dan pinjaman bank. Rinciannya, membangun pabrik baru di Sumatera Selatan berkapasitas 40 ton per jam sebesar Rp 75 miliar yang dibangun secara bertahap dan ditargetkan akan rampung akhir 2021.



Sisanya, untuk menambah kapasitas pabrik di Subang, Jawa Barat 20 ton per jam, dengan alokasi belanja modal Rp 20 miliar.

"Sisanya Rp 10 miliar untuk membangun pembangkit listrik," kata Budiman.


Saksikan video mengenai kinerja HOKI berikut ini.

[Gambas:Video CNBC]

(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading