Alasan Didik Nasabah, BTN Tidak Tawarkan DP 0%

Market - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
27 August 2018 17:48
Alasan Didik Nasabah, BTN Tidak Tawarkan DP 0%
Jakarta, CNBC Indonesia - PT. Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BBTN) tidak akan menggunakan relaksasi uang muka (down payment/DP) sebesar 0% yang diberikan oleh Bank Indonesia (BI).

Direktur BBTN Iman Nugroho Soeko menjelaskan, bagi seorang nasabah, mengambil KPR adalah sebuah keputusan besar. Oleh karena itu, nasabah harus mulai menabung untuk membayar uang muka atau DP apabila akan mengambil KPR.

"Untuk alasan pendidikan, kami tidak ikut DP 0%, karena kami berkeinginan nasabah belajar menabung ketika mengambil KPR. Mengambil KPR adalah keputusan yang besar sehingga nasabah harus belajar menyisihkan pendapatan,"kata dia di Bursa Efek Indonesia, Senin (27/8/2018).


Namun demikian, pihaknya tetap menggunakan relaksasi yang lain, yakni pemberikan DP 1%. Hal ini juga sesuai dengan penyaluran KPR BTN yang banyak di segmen subsidi.

Dengan adanya relaksasi tersebut dan juga relaksasi Aset Tertimbang Menurut Risiko (ATMR) dari OJK, perseroan berharap bisa mendukung perolehan kinerja sampai akhir 2018.

"Dengan berbagai stimulus tersebut serta kesiapan Bank BBTN menggarap berbagai peluang bisnis yang ada, kami meyakini akan tetap mencatatkan realisasi kinerja bisnis sesuai target yang telah ditetapkan sejak awal tahun," jelas dia.

Sementara itu, hingga Juli 2018, BBTN mencatatkan penyaluran KPR dan pembiayaan pemilikan rumah (PPR) sekitar Rp 157,55 triliun. Posisi tersebut naik sekitar 22,07% secara tahunan (year-on-year/yoy) dari Rp129,07 triliun pada Juli 2017.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading