Nantikan Pembicaraan Dagang AS-China, Bursa Eropa Naik Tipis

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
23 August 2018 06:43
Nantikan Pembicaraan Dagang AS-China, Bursa Eropa Naik Tipis
Jakarta, CNBC Indonesia - Saham-saham Eropa mengakhiri perdagangan hari Rabu (22/8/2018) dengan penguatan menyusul sikap investor yang menantikan hasil perundingan dagang antara Amerika Serikat (AS) dan China.

Indeks FTSE 100 di London menguat 0,11% ke 7.574,24, indeks DAX di Frankfurt naik tipis 0,01% menjadi 12.385,7, dan indeks CAC 40 di Paris bertambah 0,22% menjadi 5.420,61.


Indeks Eropa Stoxx 600 ditutup stagnan dengan mayoritas sektor juga tidak berubah atau menguat.


Meskipun sebagian besar sektor saham Eropa menguat, saham pabrikan mobil mencatatkan pelemahan tajam hari Rabu setelah Presiden AS Donald Trump dalam kampanyenya mengatakan negaranya akan mengenakan tarif impor 25% terhadap "semua mobil yang masuk Amerika Serikat dari Uni Eropa". Sektor ini anjlok 2,75%.

Dalam sebuah wawancara dengan Wall Street Journal yang dipublikasikan hari Selasa, Menteri Perdagangan AS Wilbur Ross mengatakan keputusan terkait tarif otomotif akan ditunda menyusul pembicaraan dengan Meksiko, Kanada, dan Komisi Eropa yang sedang berlangsung. Ia menolak menyebutkan kerangka waktu yang baru, CNBC International melaporkan.

Pasar menantikan hasil perundingan perdagangan antara AS dan China yang dimulai hari Rabu waktu AS. Pelaku pasar berharap pembicaraan itu akan mampu mengakhiri perang dagang global saat ini meskipun dalam wawancaranya dengan Reuters Trump mengatakan tidak berharap banyak pada diskusi itu. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading