Setelah Terkontraksi, Ekonomi Jepang Kuartal II Tumbuh 0,5%

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
10 August 2018 07:53
Setelah Terkontraksi, Ekonomi Jepang Kuartal II Tumbuh 0,5%
Tokyo, CNBC Indonesia - Perekonomian Jepang akhirnya tumbuh kembali di kuartal kedua tahun ini setelah menyusut untuk kali pertama dalam dua tahun di kuartal sebelumnya, menurut data pemerintah yang diumumkan hari Jumat (10/8/2018). Namun, kecemasan terkait perang dagang Amerika Serikat (AS) menghantui prospek pertumbuhan di masa depan.

Perekonomian terbesar ketiga di dunia itu tumbuh 0,5% di periode April hingga Juni dibandingkan kuartal sebelumnya (qoq). Di periode Januari hingga Maret lalu ekonomi Jepang turun 0,2%, kata Kantor Kabinet yang dikutip AFP.


Angka pertumbuhan ini lebih tinggi daripada konsensus pasar yang dihimpun Bloomberg News sebesar 0,3%. Secara tahunan, ekonomi Jepang tercatat tumbuh 1,9%.


Konsumsi rumah tangga yang berkontribusi sekitar 60% terhadap produk domestik bruto (PDB) Jepang tumbuh 0,7% atau berhasil pulih dari penurunan 0,2% yang dicatatkan di kuartal pertama.

Namun, analis memperingatkan bahwa perang dagang yang dipimpin AS dapat menjadi risiko utama bagi perekonomian Jepang yang masih bergulat dengan deflasi. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading