Internasional

Trump Optimistis Ekonomi AS Tumbuh 5% Kuartal Berikutnya

Market - Bernhart Farras, CNBC Indonesia
08 August 2018 15:49
Trump Optimistis Ekonomi AS Tumbuh 5% Kuartal Berikutnya
WASHINGTON, CNBC Indonesia - Presiden Donald Trump memprediksikan pertumbuhan ekonomi Amerika Serikat (AS) akan mencapai 5% dalam waktu dekat. Pernyataan ini disampaikan Trump di depan kalangan pemimpin bisnis dalam sebuah makan malam mewah di resort golf milik Trump.

"Tidak ada yang berpikir [kami] akan berada di atas, bahkan mendekati 2 [persen], dan kami [pertumbuhan ekonomi kami] berada di 4,1 [persen]. Dan saya pikir kami akan jauh lebih tinggi," ujar Trump seperti dikutip dari AFP, Rabu (8/8/2018).

"Kami mengantisipasi kuartal depan ini, ini hanya perkiraan, tetapi sudah mereka katakan itu bisa di lima [persen]," tambahnya.


Dengan ukuran ekonomi AS saat ini yang lebih dari US$20 triliun, pertumbuhan ekonomi 4,1% pada kuartal periode April-Juni, membuat Amerika Serikat menjadi negara dengan pertumbuhan tercepat di negara maju, menurut laporan pemerintah.

Percepatan pada kuartal kedua - tertinggi dalam empat tahun - sebagai dampak dari suntikan stimulus dan pemotongan pajak korporasi dan individu.

Tapi ekonom memperingatkan itu bisa menjadi berdampak sementara, ekonomi AS harus siap menghadapi goncangan dari konfrontasi perang dagang Trump dengan China.

Kebijakan pemotongan pajak yang telah membuat pendapatan masyarakat meningkat dan perusahaan semakin ekspansif karena daya konsumsi meningkat.

Tetapi penerimaan pajak federal sudah menurun drastis akibat kebijakan ini, memperlebar defisit anggaran federal, seperti biaya pinjaman meningkat karena meningkatnya suku bunga.


(roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading