Internasional

Cetak Sejarah, Kapitalisasi Pasar Apple Tembus Rp 14.400 T!

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
03 August 2018 07:07
Cetak Sejarah, Kapitalisasi Pasar Apple Tembus Rp 14.400 T!
Jakarta, CNBC Indonesia - Nilai kapitalisasi pasar raksasa teknologi Apple menembus US$1 triliun (Rp 14.400 triliun) pada perdagangan hari Kamis (2/8/2018). Pabrikan ponsel pintar (smartphone) iPhone ini menjadi perusahaan publik Amerika Serikat (AS) pertama yang mencapai nilai pasar US$1 triliun.

Sahamnya mantap menguat 2,92% menjadi US$207,39 per saham pada penutupan perdagangan hari Kamis setelah melaporkan kinerja keuangan kuartalan yang lebih baik dari perkiraan pasar awal pekan ini.


Perusahaan berhasil mencetak sejarah itu di sesi perdagangan siang hari ketika harga sahamnya mencapai US$207,05, berdasarkan jumlah saham yang beredar saat ini, yaitu 4,8 miliar saham, CNBC International melaporkan.


Analis menyebut pendapatan piranti lunak dan layanan perusahaan yang terus bertumbuh menjadi alasan kenaikan kapitalisasi pasar itu. Kategori pendapatan lain-lain Apple itu, yang termasuk App Store, AppleCare, ApplePay, iTunes, dan layanan komputasi awan, mencatatkan rekor pendapatan sebesar US$9,55 miliar di kuartal yang berakhir pada bulan Juni lalu.

Raksasa e-commerce Amazon membuntuti Apple dengan kapitalisasi pasar yang menembus US$900 miliar di bulan Juli. Apple telah lebih dulu melampaui batas itu di November tahun lalu.

Hingga penutupan perdagangan hari Kamis, saham Apple telah menguat 22% sepanjang tahun ini dan lebih dari 30% dalam 12 bulan terakhir. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading