DMO Batu Bara Buat Rupiah Perkasa, Tapi Entah Besok Bagaimana

Market - Hidayat Setiaji, CNBC Indonesia
30 July 2018 16:47
Apakah Besok Rupiah Masih Bisa Menguat?

Apakah Besok Rupiah Masih Bisa Menguat?

Namun, entah apakah berita ini masih mampu membuat rupiah menguat pada esok hari. Pasalnya, ada perkembangan terbaru yang mungkin agak mengecewakan. 

Pertama adalah kemungkinan DMO batu bara bukan dicabut, tetapi dikurangi kadarnya. Selama ini, kewajiban pemenuhan pasokan dalam negeri adalah rata-rata 25% dari total produksi. Rosan Roslani, Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia, yang ikut dalam rapat pembahasan mengungkapkan bahwa ke depan bisa saja opsi yang dipilih adalah mengurangi DMO menjadi kurang dari 25%.


Kedua adalah kebijakan DMO (apapun yang dipilih) kemungkinan baru berlaku tahun depan, bukan sekarang atau dalam waktu dekat. Luhut Binsar Pandjaitan, Menko Kemaritiman, menyebutkan kebijakan ini butuh pembahasan mendalam. 


"Jadi, kita mau lihat peluang berapa besar uang yang bisa kita dapat dari sini karena kita butuh ekspor. Ini kita lagi hitung. Kalaupun jadi, paling tahun depan baru bisa karena butuh sosialisasi, aturan-aturan. Kita hitung dulu, berapa banyak dampaknya pada penerimaan negara," papar Luhut. 


Kebijakan DMO batu bara yang masih samar-samar sepertinya membuat investor pikir-pikir untuk kembali masuk ke pasar keuangan Indonesia. Jika sampai arus modal yang masuk berkurang, maka rupiah pada perdagangan besok kemungkinan sulit melanjutkan pencapaian hari ini. Apalagi dolar AS sedang seksi jelang pertemuan The Fed.

TIM RISET CNBC INDONESIA


(aji/aji)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading