Bunga Acuan Naik, Bank Telah Naikkan Bunga Deposito

Market - Gita Rossiana, CNBC Indonesia
13 July 2018 09:45
Rata-rata bunga deposito rupiah bank benchmark LPS pada akhir Juni 2018 mencapai 5,48%, naik 6 bps dari posisi akhir Mei 2018.
Jakarta, CNBC Indonesia - Lembaga Penjamin Simpanan (LPS) mencatat, peningkatan suku bunga simpanan terus terjadi bertahap menyusul kenaikan bunga acuan Bank Indonesia.

Berdasarkan data Indikator Likuiditas LPS, rata-rata bunga deposito rupiah bank benchmark LPS pada akhir Juni 2018 mencapai 5,48%, naik 6 bps dari posisi akhir Mei 2018.

Sementara itu, peningkatan juga terjadi pada rata-rata suku bunga minimum yang naik 4 bps ke posisi 4,71%. Sementara tingkat bunga deposito valas pada periode yang sama terpantau naik antara 3-10 bps, terutama pada suku bunga rata-rata dan maksimum.


"Kenaikan suku bunga rupiah dan valas yang masih terbatas mengindikasikan bahwa bank secara bertahap melakukan penyesuaian terhadap kenaikan tingkat bunga acuan," ucap Direktur Group Risiko dan Stabilitas Keuangan LPS Doddy Ariefianto berdasarkan keterangan tertulis yang diterima CNBC Indonesia, Jumat (13/7/2018).

Ke depan, Doddy menilai, tren kenaikan suku bunga simpanan akan terus berlanjut secara gradual merespons kenaikan tingkat bunga acuan dan tingkat bunga penjaminan. Di sisi lain, untuk suku bunga valas potensi kenaikan lebih terbuka mengingat spread antara suku bunga dana onshore dan offshore masih cukup lebar.

"Kenaikan suku bunga dana potensial diikuti oleh kenaikan fingkat bunga kredit secara bertahap dan selektif setidaknya dalam 3-6 bulan ke depan," ucap dia.



(roy/roy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading