'Mumpung' Ramai, Pemerintah Serap Dua Kali Permintaan Sukuk

Market - Irvin Avriano, CNBC Indonesia
10 July 2018 19:29
Pemerintah menerbitkan sukuk negara senilai Rp 8 triliun, atau dua kali lipat dari target indikatif yang ditetapkan di awal.
Jakarta, CNBC Indonesia - Pemerintah berhasil menerbitkan sukuk negara senilai Rp 8 triliun hari ini, dua kali lipat dari target indikatif yang ditetapkan di awal. Penerbitan terjadi di saat pasar obligasi negara menguat untuk lima hari berturut-turut sejak Rabu pekan lalu.

Penguatan terjadi setelah keluar pernyataan Menteri Keuangan Sri Mulyani yang menyatakan target pajak tahun ini akan terealisasi 100%.
 Data Ditjen Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kemenkeu menunjukkan penerbitan tersebut di atas target indikatif Rp 4 triliun.

Penawaran dari calon investor mencapai Rp 12,53 triliun dalam lelang rutin. Penawaran calon investor melalui agen partisipan berupa sekuritas dan bank.
 
'Mumpung' Ramai, Pemerintah Serap Dua Kali Permintaan SukukSumber: Reuters
Rerata tingkat imbal hasil (yield) tertimbang yang dimenangkan dalam lelang itu relatif lebih tinggi dibandingkan dengan posisi yield wajar obligasi negara konvensional bertenor serupa. 


Salah satunya adalah tenor 13 tahun dalam lelang ditetapkan 8,14%, lebih tinggi dibanding posisi yield wajar obligasi konvensional bertenor 13 tahun 7,89%. Angka itu merujuk data harian dari PT Penilai Harga Efek Indonesia (PHEI/IBPA).
Melejit di Pasar Sekunder
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading