BI: Aturan LTV Memang Tak Berlaku untuk Program Pemerintah

Market - Anastasia Arvirianty, CNBC Indonesia
02 July 2018 16:35
BI: Aturan LTV Memang Tak Berlaku untuk Program Pemerintah
Jakarta, CNBC Indonesia - Bank Indonesia (BI) mengecualikan pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam kebijakan relaksasi LTV yang akan berlaku mulai 1 Agustus mendatang. Hal ini tertuang dalam salah satu poin yang mengatakan, kredit/pembiayaan hunian dalam rangka pelaksanaan program pemerintah pusat dan/atau daerah dikecualikan dari ketentuan LTV tersebut.

Anggota Gubernur Kepala Kebijakan Makroprudensial BI Filianingsih Hendarta menjelaskan hal itu disebabkan pemerintah, baik pusat maupun daerah telah memiliki ketentuan yang jelas terkait program pembiayaan hunian, asalkan ada kemauan dari bank peserta program tersebut.

"Program pemerintah, baik pusat maupun daerah kan sudah jelas ketentuannya, jadi tidak perlu ikut serta dalam aturan LTV ini, asal bank-nya mau. Ini sudah dari 2012 kami kecualikan," tutur Filianingsih kepada media saat dijumpai di Gedung BI, Jakarta, Senin (2/7/2018).

Lebih lanjut, ia mengatakan, pemerintah pasti sudah berhati-hati dalam menjalankan program mereka. Di samping itu, program pembiayaan perumahan dari pemerintah pada dasarnya lebih banyak menyasar masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

"Sehingga, untuk mendukung program pemerintah, kami serahkan aturannya kepada mereka, sepannjang sudah ada aturan yang jelas, ada bank yang membiayai, pengembangnya layak, dan sebagainya," tambah Filianingsih.

Sebelumnya, BI telah mengeluarkan kebijakan makroprudensial berupa pelonggaran aturan uang muka kredit properti atau loan to value ratio (LTV) atau financing to value ratio (FTV).

Bank sentral melihat siklus kredit properti masih berada pada fase rendah tetapi masih memiliki potensi akselerasi yang didukung oleh penyediaan dan permintaan terhadap produk properti yang mulai meningkat dan kemampuan debitur yang masih baik.





(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading