Harapan Pertemuan AS-Korut Muncul Lagi, Harga Emas Anjlok

Market - Raditya Hanung Prakoswa, CNBC Indonesia
28 May 2018 13:40
Harapan Pertemuan AS-Korut Muncul Lagi, Harga Emas Anjlok
Jakarta, CNBC IndonesiaHarga emas COMEX kontrak pengiriman Juni 2018 bergerak melemah 0,56% ke US$1.296,40/troy ounce, hingga pukul 13.00 WIB hari ini. Harga sang logam mulia tertekan oleh perkembangan positif dari pertemuan Amerika Serikat (AS) dan Korea Utara, yang sebelumnya sempat terancam dibatalkan.

Dengan capaian tersebut, harga emas kembali meninggakan level US$1.300/troy ounce, dan gagal melanjutkan momentum penguatan sebesar 0,96% di sepanjang pekan lalu.
Harapan Pertemuan AS-Korut Muncul Lagi, Harga Emas AnjlokFoto: CNBC Indonesia/Raditya Hanung


Presiden AS Donald Trump menegaskan ada peluang besar untuk kembali melakukan pertemuan dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un. Sebelumnya, Trump sendiri yang membatalkan rencana pertemuan pada 12 Juni di Singapura tersebut.


"Kami sedang melakukan pembicaraan yang produktif untuk mengadakan kembali pertemuan (dengan Korea Utara). Bila terwujud, maka kemungkinan masih diadakan di Singapura pada tanggal yang sama, 12 Juni, dan jika perlu diperpanjang melampaui tanggal tersebut," cuit Trump di akun Twitter @realDonaldTrump pada hari Senin (28/5/2018).

Sebelumnya, delegasi AS dan Korea Utara telah bertemu di daerah perbatasan Korea Utara dan Korea Selatan hari Minggu (27/5/2018). Pertemuan penting itu sepertinya membuahkan hasil positif. Trump pun semakin yakin bahwa Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un akan bersedia menemuinya di Singapura nanti.

"Tim kami sudah tiiba di Korea Utara untuk mengatur pertemuan antara Kim Joung Un dan saya. Saya sungguh percaya bahwa Korea Utara punya potensi luar biasa dan akan menjadi bangsa dengan kekuatan ekonomi dan keuangan yang besar. Kim Jong Un sepakat dengan saya mengenai hal ini. Ini akan terjadi!" cuit Trump.

Perkembangan ini membuat investor berani kembali melirik aset-aset berisiko, dan kemudian melepas instrumen yang bersifat safe haven (seperti emas dan Jepang Yen). Sebagai informasi, pada siang ini, nilai tukar Jepang Yen juga tercatat melemah hingga 0,15% terhadap dolar AS.
(RHG/RHG)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading