Internasional

Jet Airways Akan Beli 75 Boeing 737 MAX Rp 121 T

Market - Prima Wirayani, CNBC Indonesia
04 April 2018 14:58
Maskapai India Jet Airways mengumumkan perjanjiannya dengan perusahaan pembuat pesawat terbang Boeing untuk membeli 75 unit Boeing 737 MAX berbadan sedang.
Jakarta, CNBC Indonesia - Maskapai asal India Jet Airways pada hari Selasa (3/4/2018) mengumumkan perjanjiannya dengan perusahaan pembuat pesawat terbang Boeing untuk membeli 75 unit Boeing 737 MAX berbadan sedang (narrowbody).

Dalam pengumuman keterbukaannya, Jet Airways tidak menjelaskan apakah perjanjian tersebut adalah pemesanan resmi ataukah nota kesepahaman yang tidak mengikat, dilansir dari Reuters. Boeing belum memberi komentar terkait hal tersebut.

Pembelian pesawat-pesawat tersebut akan bernilai US$8,8 miliar (Rp 121 triliun) berdasarkan daftar harga resmi pabrikan asal Amerika Serikat (AS) itu meskipun maskapai biasanya akan mendapatkan potongan harga yang cukup signifikan dari perusahaan pembuatnya.


Berbagai maskapai India sedang berusaha menambah jumlah pesawat mereka untuk memenuhi permintaan penerbangan domestik dan internasional yang makin tinggi. Hal ini membuat negara tersebut menjadi salah satu target pasar Boeing dan rivalnya dari Eropa, Airbus.

Penumpang pesawat dalam negeri India naik 17,9% di Januari dibandingkan periode yang sama tahun lalu dan menandai catatan pertumbuhan double digit selama 41 bulan berturut-turut, berdasarkan data Asosiasi Transportasi Udara Internasional (IATA).


CEO Jet Airways Vinay Dube bulan lalu mengatakan maskapainya berharap dapat menyepakati pembelian tersebut pada akhir Maret.

Maskapai itu telah merampungkan kesepakatan pembelian 75 Boeing 737 MAX lainnya tahun lalu.
(prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading