Internasional

Pikat Penonton Muda, NBC News Akan Buat Layanan Streaming

Market - Rehia Sebayang, CNBC Indonesia
15 March 2018 14:12
Pikat Penonton Muda, NBC News Akan Buat Layanan Streaming
New York, CNBC Indonesia - Kantor berita milik Comcast Corp, NBC News, berencana merilis layanan streaming online tahun ini sebagai usaha untuk menarik penonton muda yang lebih suka menonton acara televisi favorit mereka secara online.

NBC News, seperti media penyiar berita lainnya, mengalami masalah, yaitu hanya ditonton oleh masyarakat usia tertentu saja. Menurut Nielsen, rata-rata usia penonton yang menyaksikan acara "NBC Nightly News", misalnya, adalah orang-orang yang berusia 64 tahun.

Chairman NBC News Andy Lack pada hari Rabu (14/3/2018) mengatakan layanan streaming online bisa menarik penonton yang lebih muda, dilansir dari Reuters. Namun, perusahaan belum memutuskan apakah layanan tersebut akan berbasis langganan.


Demi menyediakan layanan bagi penonton milenial, NBC telah mengambil langkah untuk mengembangkan bisnis digitalnya. Comcast NBCUniversal telah berinvestasi senilai US$500 juta (Rp 6,9 triliun) di perusahaan induk Snapchat, Snap Inc, pada penawaran umum saham perdananya (IPO).

Pada bulan Juli, NBC News merilis acara berita, Stay Tuned, yang ditayangkan dua kali sehari di Snapchat.

Nick Ascheim, pimpinan digital di NBC News, mengatakan acara tersebut memiliki 5 juta pelanggan, dan saat ini hampir memiliki 37 juta sampai 38 juta unique visitor di bulan Maret, naik dari 33 juta di bulan Februari.

Acara Stay Tuned NBC meraup kesuksesan sedangkan acara lainnya yang ditampilkan di Snapchat malah merugi.

Tahun lalu CNN, milik Time Warner Inc, menutup acara hariannya di Snapchat hanya beberapa bulan setelah merilisnya.


Lack mengatakan NBC News tidak memiliki rencana menampilkan kontennya kembali ke Facebook karena menganggap Facebook, yang memiliki pengguna lebih banyak dari Snapchat, bukan lingkungan yang ramah bagi kantor berita, meskipun perusahaan terus meningkatkan fokus pada digital.

"Facebook tidak memiliki manfaat bagi perusahaan media," ujarnya.

Facebook belum memberikan komentar. (prm)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading