Peti Mati Ratu Elizabeth Sudah Disiapkan Sejak 30 Tahun Lalu

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
19 September 2022 18:40
Peti Mati Ratu Elizabeth II Tiba di Gereja Katedral St. Giles Edinburgh Foto: CNBC Indonesia TV

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak hal menarik seputar pemakaman Ratu Elizabeth II, pemimpin Kerajaan Inggris yang telah memerintah selama 70 tahun, sekaligus pemimpin perempuan terlama dalam sejarah. Salah satu yang menjadi sorotan adalah soal peti matinya. 

Mengutip laporan Telegraph, peti mati itu awalnya dibuat oleh perusahaan spesialis Henry Smith lebih dari tiga puluh tahun lalu. Hanya saja, catatan tanggal pasti kapan peti mati itu dibuat hilang ketika Henry Smith diambil alih oleh perusahaan lain pada tahun 2005.

Sejak pembuatannya, peti mati telah disimpan di bawah pengawasan dua perusahaan berbeda yang bertanggung jawab atas pemakaman kerajaan. Pertama, JH Kenyon Ltd, yang menangani pemakaman ayah Ratu Elizabeth, Raja George VI pada tahun 1952, dan kemudian Leverton and Sons, yang dilaporkan telah mengerjakan pemakaman kerajaan sejak 1991.


Ketika Leverton and Sons mengambil alih peti mati untuk mengurus jenazah keluarga Kerajaan, pegangan kuningan perlu diganti karena sudah berada di gudang untuk waktu yang lama sebelumnya.

Kombinasi bahan yang digunakan untuk membuat peti mati pemimpin Kerajaan Inggris jauh lebih berat daripada peti mati biasa. Dibutuhkan delapan pengusung jenazah dari Angkatan Bersenjata, untuk membawanya. 

Mengapa peti mati Ratu Elizabeth dilapisi dengan timah?

Sang Ratu akan dimakamkan di peti mati kayu oak yang dirancang untuknya, dengan berat satu ton karena dilapisi dengan timah.

Praktik menempatkan jenazah dengan peti mati berlapis timah telah ada sejak berabad-abad lalu atau setidaknya sejak Ratu Elizabeth I. Alasannya untuk mengawetkan tubuh mereka dengan lebih baik.

Peti mati berlapis timah dapat memperlambat dekomposisi atau pembusukan tubuh. Lapisan timah menyegel peti mati dari kelembapan, sehingga jenazah tidak cepat membusuk.

Kualitas itu sangat penting ketika menguburkan jenazah di atas tanah, seperti yang akan terjadi dengan Ratu Elizabeth II di tempat peristirahatan terakhirnya di brankas kerajaan yang disebut Kapel Memorial Raja George VI.

Karena bahannya yang tak biasa, tentu saja harga peti mati ini berada di luar kisaran harga peti mati pada umumnya. Karenanya, hanya para bangsawan dan keluarga kerajaan yang menggunakannya.

Mengutip laporan BBC, prosesi pemakaman Ratu Elizabeth akan dimulai sekitar pukul 11.00 waktu setempat. Prosesi pemakaman yang panjang akan dimulai dengan kebaktian di Westminster Abbey, iring-iringan dan prosesi militer di London, lalu upacara keluarga di sebuah kapel di Kastil Windsor.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Daftar Tamu di Pemakaman Ratu Elizabeth Hari Ini, Ada Jokowi?


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading