Perhiasan Hingga Saham, Begini Nasib Kekayaan Ratu Elizabeth

Lifestyle - linda hasibuan, CNBC Indonesia
17 September 2022 21:00
A picture shows handwritten and drawn tribute messages in respect for Britain's Queen Elizabeth, following her death, at Green Park in London, Britain September 15, 2022.  REUTERS/Kai Pfaffenbach Foto: REUTERS/KAI PFAFFENBACH

Jakarta, CNBC Indonesia - Ratu Elizabeth II meninggal dunia di usia di umur 96 tahun. Ia merupakan raja terlama Inggris yakni selama 70 tahun.

Selain meninggalkan hartanya, mantan pemimpin Inggris, Ratu Elizabeth II ternyata meninggalkan sepasang anjing Corgi. Sepeninggalnya Ratu Elizabeth II, nasib 4 anjing kesayangan Sang Ratu ini sempat tidak jelas.

Anjing-anjing itu telah menghabiskan puluhan tahun bersamanya. Kini, anjing itu memiliki pemilik baru yakni Duke dan Duchess of York, Pangeran Andrew dan mantan istrinya, Sarah Ferguson.


Meski sudah bercerai, Pangeran Andrew dan Sarah Ferguson masih tinggal bersama di Royal Lodge, Windsor. Sarah Ferguson bahkan sempat disebut sebagai menantu kesayangan Ratu, dan keduanya sama-sama menyukai mengendarai kuda dan jalan-jalan dengan anjing.

Berbicara kekayaannya, hingga saat ini belum ada yang tahu persis kekayaan bersih Ratu Elizabeth.

Pada tahun 2022, harta Elizabeth secara pribadi diperkirakan bernilai 365 juta pound (sekitar Rp 6,2 triliun). Menurut Sunday Times Rich List, angka ini naik 15 juta pound dari penghasilannya tahun 2020 dan termasuk Sovereign Grant dan penghasilan pribadinya.

Percaya atau tidak, selama bertahun-tahun, peringkatnya sebagai orang terkaya mengalami penurunan, di mana pada 2020, ia berada di posisi ke 372 dan ini turun 30 peringkat sejak 2018. Forbes sendiri menyebut secara keseluruhan kekayaan bersih kerajaan adalah 72,5 miliar pound.

Ratu Elizabeth II mendapatkan kekayaannya dari tiga sumber. Yakni pembayaran Sovereign Grant tahunan, Privy Purse, dan kekayaan serta warisan pribadinya. Sovereign Grant adalah angka yang dia terima setiap tahun dari pemerintah.

Jumlah yang diterima Ratu dalam Sovereign Grant-nya adalah 15% dari keuntungan yang diperoleh setiap tahun oleh Crown Estate.

Ini adalah real properti besar di Inggris yang bernilai 8,1 miliar pound. Dulunya milik monarki tetapi sekarang dimiliki oleh perbendaharaan.

Tidak hanya itu, Ratu juga secara pribadi memiliki Kadipaten Lancaster, yang terdiri dari 45.000 hektar tanah dan mencakup banyak pertanian, kastil, dan bangunan komersial. Nilainya £652,8 juta dan menghasilkan keuntungan £24 juta tahun lalu, menurut catatan keuangan Duchy.

Karena undang-undang yang diberlakukan pada tahun 1933, Raja Charles III secara otomatis mewarisi harta warisan dan tidak perlu membayar pajak warisan dan biasanya ini ditetapkan sebesar 40% untuk properti senilai lebih dari £325.000 ($377.000) di Inggris. Membayar pajak di Kadipaten saja akan membuat dia membayar pajak sekitar £262,2 juta.

Ratu Inggris Elizabeth II tersenyum saat dia pergi setelah menghadiri Commonwealth Day Service di Westminster Abbey di pusat kota London, pada 12 Maret 2018. - Ratu Inggris Elizabeth II telah menjadi Kepala Persemakmuran selama masa pemerintahannya. (Photo by KIRSTY WIGGLESWORTH/POOL/AFP via Getty Images)Foto: Ratu Inggris Elizabeth II tersenyum saat dia pergi setelah menghadiri Commonwealth Day Service di Westminster Abbey di pusat kota London, pada 12 Maret 2018. - Ratu Inggris Elizabeth II telah menjadi Kepala Persemakmuran selama masa pemerintahannya. (Photo by KIRSTY WIGGLESWORTH/POOL/AFP via Getty Images)

Hewan peliharaan

Anjing Corgi bukan satu-satunya anjing yang dimilikinya. Sepanjang hidupnya, ia memelihara setidaknya 30 Labrador, cocker spaniel, dan persilangan corgi.

Dia juga menyukai kuda dan diperkirakan telah memiliki lebih dari 100 ekor sepanjang hidupnya, banyak di antaranya adalah kuda pacuan. Awal tahun ini, platform taruhan olahraga OLBG memperkirakan kuda pacu Ratu telah memenangkan £8,7 juta sejak 1988.

Menurut data, dia menghasilkan £584.399 pada tahun 2021 saja.

Ratu juga memiliki angsa Inggris, paus, sturgeon, dan lumba-lumba yang hidup dalam jarak tiga mil dari pantai Inggris. Ini sekarang semua telah diwariskan kepada Raja Charles, karena secara teknis milik raja.

Gaya Ratu: Dari Tas Tangan Hingga Perhiasan

Sang Ratu jarang terlihat tanpa tas kecil, sering terlihat serasi dengan mantel dan topinya. Paling sering dia membawa tas dari merek mewah Launer London.

CEO perusahaan mengatakan kepada Daily Mail pada tahun 2016 bahwa Ratu memiliki setidaknya 200 tas yang masing-masing berharga sekitar £ 2.000, menurut situs web Launer.

Seperti halnya dengan mantel dan topinya yang terkoordinasi dengan warna yang terkenal, tidak jelas berapa nilai seluruh koleksinya dan apa yang akan terjadi pada pakaian dan aksesorinya selepas peninggalannya.

Koleksi perhiasan kerajaan, mencakup ratusan mahkota, tiara, anting-anting, gelang, bros, dan kalung yang dilapisi permata dan berlian yang bernilai jutaan.

Beberapa barang dimiliki oleh Ratu secara pribadi, termasuk yang dia warisi dari ibunya, dan yang lainnya milik raja yang melayani, dan akan diteruskan ke Raja Charles.

Investasi Blue Chip Hingga Mobil Hingga Koleksi Perangko

Mobil kelas atas juga merupakan salah satu aset Ratu - sejak belajar mengemudi selama Perang Dunia II, ia telah membangun koleksi mobil yang luas termasuk Bentley yang dibuat khusus, model Rolls-Royce vintage, dan Jaguar serta Land Rover.

Bersama-sama, kendaraan itu bernilai jutaan, tetapi kepemilikannya sekali lagi dibagi antara kekayaan pribadi Ratu dan perusahaan atau institusi kerajaan.

Queen Elizabeth II driving her children Prince Charles and Princess Anne at Windsor, watched by a group of onlookers, 1957. (Photo by © Hulton-Deutsch Collection/CORBIS/Corbis via Getty Images)Foto: Corbis via Getty Images/Hulton Deutsch
Queen Elizabeth II driving her children Prince Charles and Princess Anne at Windsor, watched by a group of onlookers, 1957. (Photo by © Hulton-Deutsch Collection/CORBIS/Corbis via Getty Images)

Hal serupa terjadi pada koleksi seni kerajaan, yang berisi ribuan gambar, lukisan, dan foto serta koleksi perangko kerajaan. Yang terakhir, juga dikenal sebagai Koleksi Filateli Kerajaan, dilaporkan bernilai sebanyak £ 100 juta, The Sun melaporkan.

Keduanya secara tradisional dimiliki oleh siapa pun yang menjadi raja, jadi bukan bagian dari kekayaan pribadi Ratu dan sekarang akan dipegang oleh Raja Charles.

Namun, apa yang berkontribusi pada kekayaan pribadinya adalah strategi investasi pasar sahamnya. Saham blue chip Inggris adalah salah satu pilihan teratasnya, menurut Sunday Times, tetapi angka pastinya tidak diketahui.


[Gambas:Video CNBC]

(dce)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Artikel Terkait
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading