Bangsawan Inggris Masih Hidup, tapi Peti Matinya Sudah Dibuat

Lifestyle - Halimatus Sadiyah, CNBC Indonesia
28 September 2022 17:25
Rangkaian prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) telah dimulai. (AFP/OLI SCARFF) Foto: Rangkaian prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) telah dimulai. (AFP/OLI SCARFF)

Jakarta, CNBC Indonesia - Ada banyak hal menarik seputar tradisi di keluarga Kerajaan Inggris, salah satunya soal persiapan kematian mereka. Menurut laporan sejumlah media Inggris, peti mati untuk anggota keluarga Kerajaan sudah dibuat ketika mereka masih hidup.

"Yang saya tahu adalah bahwa Ratu [Elizabeth II] dan semua anggota Keluarga Kerajaan memiliki peti mati yang dibuat saat mereka masih hidup ... jadi tidak ada delay, peti mati sudah siap," ujar Matthew Lymn Rose, direktur pelaksana AW Lymn, perusahaan yang memberikan layanan pemakaman keluarga, seperti dikutip dari media lokal Inggris, inews.co.uk.

Mengutip laporan Telegraph, peti mati Ratu Elizabeth II dibuat oleh perusahaan spesialis bernama Henry Smith lebih dari 30 tahun lalu. Hanya saja, catatan tanggal pasti kapan peti mati itu dibuat hilang ketika Henry Smith diambil alih oleh perusahaan lain pada tahun 2005.

Rangkaian prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) telah dimulai. (via REUTERS/POOL)Foto: Rangkaian prosesi upacara pemakaman kenegaraan Ratu Elizabeth II pada Senin (19/9) telah dimulai. (via REUTERS/POOL)

Sejak pembuatannya, peti mati itu telah disimpan di bawah pengawasan dua perusahaan berbeda yang bertanggung jawab atas pemakaman kerajaan. Pertama, JH Kenyon Ltd, yang menangani pemakaman ayah Ratu Elizabeth, Raja George VI pada tahun 1952, dan kemudian Leverton and Sons, yang dilaporkan telah mengerjakan pemakaman kerajaan sejak 1991.

Ada alasan spesifik di balik tradisi ini. Peti mati sudah disiapkan jauh hari karena spesifikasi yang dibutuhkan berbeda dengan peti mati pada umumnya. 

Peti mati untuk keluarga Kerajaan berlapis timah. Lapisan timah di peti mati sangat penting karena umumnya keluarga Kerajaan tidak dikubur di bawah tanah, melainkan peti matinya ditempatkan di sebuah ruang pemakaman. Praktik menempatkan jenazah dengan peti mati berlapis timah telah ada sejak berabad-abad lalu.

Timah dapat memperlambat dekomposisi atau pembusukan tubuh. Lapisan timah menyegel peti mati dari kelembapan, sehingga jenazah tidak cepat membusuk.

Laporan media lokal Inggris, Metro, juga menyebut bahwa pada tahun 1997, Lady Diana, Princess of Wales juga ditempatkan di peti mati berlapis timah yang dikatakan memiliki berat 250 kilogram karena lapisannya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Duh! Gelang Bekas Melayat Ratu Elizabeth Dijual Rp1,1 Miliar!


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
LAINNYA DI DETIKNETWORK
    spinner loading
Features
    spinner loading