7 Cara Alami Atasi Gula Darah Tinggi Tanpa Obat-obatan

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
09 May 2022 11:30
Ilustrasi Cek Gula (Photo by Klaus Nielsen from Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Gula darah tinggi atau hiperglikemia adalah kondisi ketika kadar glukosa di dalam darah mengalami kenaikan dan melebihi batas normal. Gula darah tinggi umumnya sering dialami oleh para penderita diabetes. 

Jika kadar gula darah terus dibiarkan tinggi, seseorang bisa mengalami sejumlah risiko komplikasi, seperti luka diabetes yang harus diamputasi, gagal ginjal, hingga kebutaan. 

Untungnya, ada banyak cara alami yang bisa dilakukan untuk menurunkan kadar glukosa dalam darah tanpa obat-obatan. Berikut adalah 7 cara menurunkan gula darah seperti dikutip dari SehatQ:


1. Perbanyak konsumsi serat

Selain dapat memperlancar pencernaan, serat juga dapat membantu memperlambat penyerapan karbohidrat dan gula di tubuh, sehingga risiko naiknya gula darah pun dapat berkurang.

Makanan yang mengandung banyak serat bisa Anda dapatkan dari sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan gandum

2. Perbanyak minum air putih

Mencukupi kebutuhan cairan terutama dengan air putih dapat membantu ginjal membuang kelebihan gula yang terpendam di dalamnya melalui urine. Selain itu, air juga dapat membantu sirkulasi darah dan mengurangi risiko diabetes.

3Batasi asupan karbohidrat

Secara alami, tubuh akan memecah karbohidrat menjadi gula. Kemudian, insulin akan membawa gula ke dalam sel. Jika terlalu banyak mengonsumsi karbohidrat, proses tersebut akan terganggu sehingga kadar gula darah meningkat.

Untuk mengurangi asupan karbohidrat, Anda bisa menjalani pengaturan pola makan dengan mengganti nasi putih menjadi nasi merah atau mengurangi makan roti, gorengan, maupun cemilan lain yang terbuat dari tepung.

4. Konsumsi ikan

Mengonsumsi ikan setidaknya dua kali seminggu dipercaya dapat menjadi salah satu cara mengatasi gula darah tinggi. Sebab, ikan tidak mengandung karbohidrat sama sekali, sehingga kandungan gulanya pun nihil.

Selain ikan salmon, Anda juga bisa mengonsumsi ikan tuna dan makarel yang juga kaya asam omega tiga sehingga bisa mencegah jantung. Namun, yang perlu diingat, hindari menggoreng ikan dengan banyak minyak.

5. Batasi Asupan Lemak

Lemak bisa memiliki dampak pada kadar gula darah pada tubuh. Lemak bisa menyebabkan proses pencernaan pada tubuh menjadi lambat dan menyebabkan obesitas. Oleh karena itu, disarankan untuk mengonsumsi lebih sedikit lemak dan lebih banyak protein, apalagi untuk penderita diabetes.

6. Konsumsi cuka apel

Cuka apel menjadi salah satu obat tradisional untuk membantu menurunkan kadar gula darah tinggi di dalam tubuh. Selain itu, bahan satu ini juga membantu meningkatkan sensitivitas insulin.

Cara konsumsi cuka apel sangat mudah, Anda tinggal mencampurnya dengan air putih atau bisa digunakan sebagai saus salad. Jika hendak mengonsumsi cuka apel, Anda sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter.

7. Rutin Berolahraga

Olahraga dengan rutin memiliki banyak manfaatnya mulai dari menjaga berat badan ideal, menjaga kesehatan jantung hingga meningkatkan sensitivitas insulin untuk memanfaatkan gula dalam darah agar dimanfaatkan secara maksimal oleh tubuh.

Olahraga secara signifikan bisa mengurangi fluktuasi glukosa pada darah dan meningkatkan kontrol gula darah di seluruh tubuh. Anda tidak perlu melakukan olahraga yang terlalu berat. Lakukanlah olahraga secara rutin seperti jalan santai atau jogging, renang, lari, bersepeda dan yang lainnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Jangan Sepelekan, Kenali Kisaran Kadar Gula Darah Normal


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Baca Juga
Features
    spinner loading