Kopi untuk Kehidupan Seks, Beri Manfaat atau Sebaliknya?

Lifestyle - Emir Yanwardhana, CNBC Indonesia
06 May 2022 21:30
Ilustrasi Kopi (Photo by Jessica Lewis Creative)

Jakarta, CNBC Indonesia - Khasiat kopi tidak hanya untuk membangkitkan energi, namun juga meningkatkan kualitas hubungan seks pria dan wanita.

Menurut salah satu studi dari Universitas Texas menemukan meminum dua cangkir kopi setiap hari mengurangi potensi pria mengalami disfungsi ereksi.

Melansir The Independent, sebuah artikel jurnal sains Amerika Plos One, ilmuwan mempelajari 4.000 pria yang minum minuman berkafein termasuk kopi, teh, minuman bersoda. Dimana menemukan kafein memicu reaksi kimia yang meningkatkan aliran darah ke penis.

Tapi dua cangkir mungkin menjadi batasannya karena peneliti juga menemukan hasilnya sedikit menurun sekitar 39% untuk pria yang minum tiga cangkir sehari. Selain itu efek ini tidak berpengaruh pada pria yang menderita diabetes.

"Kami melihat penurunan prevalensi disfungsi ereksi pada pria yang mengalami obesitas, kelebihan berat badan, hipertensi, itu tidak berlaku untuk pria yang mengidap diabetes," kata Prof David Lopez dari University of Texas, Huston, dikutip, Jumat (6/5/2022).

Sementara itu, ada juga penelitian sebelumnya yang melaporkan kafein dapat meningkatkan gairah seks pada wanita.

Dalam percobaan pada tahun 2006 lalu pada tikus betina oleh Southwestern University di Texas ilmuan menemukan minum kopi dapat merangsang bagian otak yang memberi sinyal gairah seksual. Tapi efek ini mungkin hanya terlihat pada wanita yang tidak minum kopi secara teratur.

Dari penemuan itu terlihat memang efek kopi dapat meningkatkan kualitas seksual bagi pria dan wanita. Selain itu dari penelitian terpisah juga menunjukkan minum kopi tiga - lima cangkir sehari dapat mengurangi penyakit jantung dan stroke.



[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

5 Tips Sederhana untuk Membuat Hidup Anda Menjadi Lebih Baik


(dce/dce)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading