Mengenal Salmonella, Bakteri yang Diduga Ada di Kinder Joy

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
06 April 2022 15:55
Peternak memanen telur ayam di salah satu peternakan di kawasan Gunung Sindur, Bogor, Jawa Barat, Rabu (28/12/2021). Menjelang akhir tahun mayoritas harga bahan pokok merangkak naik secara signifikan.  (CNBC Indonesia/Andrean Kristianto)

Jakarta, CNBC Indonesia - Grup perusahaan makanan asal Italia, Ferrero, baru-baru ini telah menarik produk telur cokelat Kinder Surprise mereka dari sejumlah supermarket di Inggris menyusul dugaan adanya bakteri salmonella dalam produk mereka. 

Kinder Surprise adalah makanan populer yang dipasarkan untuk anak-anak, berisi mainan koleksi kecil di dalam cangkang telur cokelat. Di Indonesia, produk ini dipasarkan dengan merek Kinder Joy.

Telur coklat Kinder Surprise (REUTERS/Caren Firouz/File Photo)Foto: Telur coklat Kinder Surprise (REUTERS/Caren Firouz/File Photo)
Telur coklat Kinder Surprise (REUTERS/Caren Firouz/File Photo)


Apa itu salmonella?

Mengutip Mayo Clinic, salmonella adalah bakteri yang hidup di usus manusia, hewan, dan burung. Kebanyakan orang terinfeksi salmonella dengan memakan makanan yang telah terkontaminasi oleh feses. Makanan yang biasanya terinfeksi termasuk daging mentah, telur mentah, serta buah dan sayuran yang telah terkontaminasi. 

Lembaga Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat juga menunjukkan bahwa salmonella ditemukan dalam rempah-rempah. Badan tersebut sedang mencari cara untuk meningkatkan keamanan rempah-rempah yang dijual di pasaran.

Banyak makanan menjadi terkontaminasi ketika disiapkan oleh orang-orang yang tidak mencuci tangan dengan bersih setelah menggunakan toilet atau mengganti popok. Infeksi juga dapat terjadi jika Anda menyentuh sesuatu yang terkontaminasi, termasuk hewan peliharaan, terutama burung dan reptil, kemudian memasukkan jari ke dalam mulut.

Infeksi Salmonella

Infeksi Salmonella (salmonellosis) adalah penyakit bakteri umum yang mempengaruhi saluran usus. Bakteri salmonella biasanya hidup di usus hewan dan manusia dan dikeluarkan melalui feses. Manusia paling sering terinfeksi melalui air atau makanan yang terkontaminasi.

Biasanya, orang dengan infeksi salmonella tidak memiliki gejala. Namun, ada juga yang mengalami diare, demam dan kram perut dalam waktu delapan sampai 72 jam. Kebanyakan orang sembuh dalam beberapa hari tanpa pengobatan khusus.

Dalam beberapa kasus, diare yang terkait dengan infeksi salmonella dapat menyebabkan dehidrasi sehingga memerlukan perhatian medis segera. Komplikasi yang mengancam jiwa juga dapat berkembang jika infeksi menyebar ke luar usus Anda. Risiko Anda terkena infeksi salmonella lebih tinggi jika Anda bepergian ke negara-negara dengan sanitasi yang buruk.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Bahaya Menelan Salmonella, Bakteri yang Diduga Ada di Kinder


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading