6 Hal yang Perlu Dilakukan Jika Imun Lemah

News - Lidya Julita Sembiring, CNBC Indonesia
03 April 2022 21:40
Gerakan chair dip (Freepik)

Jakarta, CNBC Indonesia - Virus Covid-19 identik dengan kekebalan imun seseorang. Dikatakan, bahwa orang dengan imun yang lemah akan lebih mudah terserang virus corona tersebut.

Seorang ahli imunologi yakni Dr. Heather Moday (Penulis; The Immunotype Breakthrough: Your Personalized Plan to Balance Your Immune System, Optimize Health, and Build Lifelong Resilience) mengungkapkan ada empat tanda yang bisa dijadikan dasar untuk melihat seberapa lemah sistem kekebalan tubuh yang dimiliki serta cara untuk meningkatkannya.



Dikutip dari CNBC makeIt pada Minggu (3/4/2022), berikut empat tanda-tanda seseorang memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah:




1. Sering sakit dan membutuhkan waktu lebih lama untuk pulih

Tanda-tanda pertama seseorang memiliki imun yang lemah adalah sering sakit, namun pulih dalam waktu yang lama dibandingkan orang pada umumnya.

Jika anda flu yakni bersin dan batuk dan sembuh dalam sepekan selama dua atau tiga kali dalam setahun, maka tidak perlu khawatir karena itu normal. Namun jika anda sakit terus menerus dan bertahan selama berminggu-minggu, itu tandanya kekebalan tubuh anda lemah.



2. Mengalami stres kronis

Tanda lainnya yang dapat mempengaruhi kekebalan tubuh adalah saat berada dalam kondisi stres kronis. Jenis stres ini biasanya membuat seseorang merasa kewalahan hingga cemas sendiri.

Disatu sisi stres kronis bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh dalam jangka pendek, namun disisi lain bisa berakibat buruk. Sebab, stres kronis bisa menyebabkan peningkatan infeksi dan pulih lebih lama dari penyakit yang diderita.

Sebuah studi juga menunjukkan bahwa stres yang sering terjadi memperburuk penyakit autoimun seperti rheumatoid arthritis dan kolitis ulserativa dan dapat menyebabkan reaksi alergi seperti eksim dan asma.



3. Sering mengalami sariawan atau herpes zoster di usia muda

Seseorang yang sering mengalami sariawan atau terserang virus herpes zoster di usia muda menandakan bahwa kekebalan tubuhnya lemah.

Menurut penelitian, saat virus herpes masuk ke dalam tubuh ia dalam keadaan tidak aktif. Namun, ketika seseorang sedang stres atau kekebalan seluler melemah, maka virus dapat bereplikasi dan aktif kembali.

Jika proses ini terjadi maka ini lah yang menandakan bahwa sistem kekebalan Anda perlu ditingkatkan.



4. Minum obat yang menggangu imun

Penurunan imun tubuh bisa terjadi dari kandungan obat yang diminum. Salah satunya berasal dari obat yang digunakan dalam kemoterapi kanker.

Kortikosteroid adalah salah satu contoh kandungan obat yang umum digunakan untuk alergi, asma, dan penyakit inflamasi lainnya yang bersifat imunosupresif.

Bahkan penggunaan antibiotik yang terlalu sering telah terbukti merusak keragaman mikrobioma di usus, yang secara langsung dapat merusak respons imun.

Lanjut ke halaman berikutnya >>>

6 Pola Hidup Sehat
BACA HALAMAN BERIKUTNYA
HALAMAN :
1 2
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading