Mengenal Alopecia, Penyakit yang Dialami Istri Will Smith

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
28 March 2022 14:30
Ilustrasi Rambut Rontok (Pixabay)

Jakarta, CNBC Indonesia - Baru-baru ini aktor Hollywood Will Smith membuat kejutan di Oscar. Ia bukan hanya menerima penghargaan sebagai aktor terbaik di tahun ini, tapi juga menampar presenter Chris Rock.

Smith begitu emosi karena Rock membuat lelucon terkait kepala botak istrinya, Jada Pinkett-Smith. Diketahui ia menderita alopecia, penyakit kebotakan rambut karena autoimun.

Gambar kombinasi yang menunjukkan Will Smith memukul Chris Rock saat Rock berbicara di atas panggung selama Academy Awards ke-94 Oscar di Hollywood, Los Angeles, California, AS, Minggu (27/3/2022). (REUTERS/Brian Snyder)Foto: Gambar kombinasi yang menunjukkan Will Smith memukul Chris Rock saat Rock berbicara di atas panggung selama Academy Awards ke-94 Oscar di Hollywood, Los Angeles, California, AS, Minggu (27/3/2022). (REUTERS/Brian Snyder)
Gambar kombinasi yang menunjukkan Will Smith memukul Chris Rock saat Rock berbicara di atas panggung selama Academy Awards ke-94 Oscar di Hollywood, Los Angeles, California, AS, Minggu (27/3/2022). (REUTERS/Brian Snyder)

Apa itu Alopecia?

Mengutip SehatQ, Alopecia adalah kerontokan rambut yang disebabkan oleh kelainan autoimun. Saat mengidap penyakit alopecia, penderita mungkin hanya mengalami masalah kerontokan rambut di beberapa bagian saja, tidak secara keseluruhan. Hal tersebut membuat rambut penderitanya mengalami kebotakan di sejumlah tempat. Terkadang, rambut akan tumbuh kembali, sebelum akhirnya rontok lagi. 


Alopecia disebabkan kelainan pada imun tubuh. Saat mengidap penyakit autoimun, sistem kekebalan tubuh Anda yang diserang. Pada kasus alopecia areata, folikel rambut yang diserang sehingga menyebabkan terjadinya kerontokan.

Sampai sekarang, belum diketahui secara pasti apa yang jadi penyebab gangguan autoimun pada penderita penyakit alopecia. Namun, Anda akan lebih berisiko menderita penyakit ini apabila mengidap kondisi-kondisi seperti:

  • Asma
  • Vitiligo
  • Penyakit tiroid
  • Down syndrome
  • Anemia pernisiosa

Ciri-ciri penyakit alopecia yang umum terjadi

Rambut rontok merupakan gejala utama dari penyakit alopecia. Kerontokan rambut ini sering menyebabkan kebotakan di beberapa bagian kulit kepala Anda. Tak hanya menyerang kepala, penyakit alopecia juga dapat memengaruhi rambut-rambut yang ada di alis, bulu mata, hingga, janggut.

Ketika mengidap penyakit ini, Anda mungkin akan mendapati rambut rontok dalam bentuk gumpalan. Meski begitu, ada beberapa masalah kesehatan lain yang menunjukkan gejala serupa.

Berikut ini sejumlah gejala yang menjadi ciri-ciri penyakit alopecia:

  • Rambut rontok lebih banyak dalam cuaca dingin
  • Kehilangan banyak rambut dalam waktu singkat
  • Kuku jari tangan dan kaki menjadi kemerahan dan rapuh
  • Kebotakan kecil di kulit kepala atau bagian tubuh lain yang ditumbuhi rambut
  • Merasakan kesemutan, gatal, atau sensasi terbakar pada kulit sebelum rambut rontok

Adapun sejumlah perawatan yang biasa digunakan untuk membantu mengatasi penyakit alopecia, seperti suntikan steroid, krim steroid, minoxidil dan imunoterapi.

 


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Komentar Pertama Jada Smith usai Insiden Oscar 2022


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading