Resmi! Will Smith Dilarang Hadiri Acara Oscar 10 Tahun

Lifestyle - Cantika Adinda Putri, CNBC Indonesia
09 April 2022 07:00
Will Smith (kanan) memukul presenter Chris Rock di atas panggung saat mempersembahkan penghargaan untuk film dokumenter terbaik di Oscar di Dolby Theatre di Los Angeles, Minggu (27/3/2022). (AP Photo/Chris Pizzello)

Jakarta, CNBC Indonesia - Will Smith secara resmi dilarang menghadiri perhelatan Academy Awards selama 10 tahun ke depan, buntut dari aksi yang dilakukannya di panggung Oscar beberapa waktu lalu.

"Academy telah memutuskan untuk jangka waktu 10 tahun sejak 8 April 2022, Tuan Smith tidak akan diizinkan untuk menghadiri acara atau program akademi apa pun, secara langsung atau virtual, termasuk pada Academy Awards,"


Pengumuman ini disampaikan langsung oleh Presiden Academy David Rubin dan CEO Dawn Hudson, setelah menggelar rapat dewan Academy kemarin di Long Angeles, Amerika Serikat, seperti dikutip CNN International, Sabtu (9/4/2022).

Dalam keputusannya, Academy seraya menambahkan.

"Oscar ke-94 dimaksudkan untuk menjadi perayaan banyak individu di komunitas kami yang melakukan pekerjaan luar biasa tahun lalu; namun, saat-saat itu dibayangi oleh perilaku yang tidak dapat diterima dan berbahaya yang kami lihat Mr. Smith tunjukkan di atas panggung."

"Selama siaran kami, kami tidak cukup menangani situasi di ruangan itu. Maka, kami minta maaf. Ini adalah kesempatan bagi kami untuk memberi contoh bagi para tamu, pemirsa, dan keluarga Akademi kami di seluruh dunia, bahwa kami gagal - tidak siap untuk hal yang belum pernah terjadi sebelumnya,"

Will Smith menerima Oscar untuk Aktor Terbaik dalam Foto: Will Smith menerima Oscar untuk Aktor Terbaik dalam "King Richard" di Academy Awards ke-94 di Hollywood, Los Angeles, California, AS, Minggu (27/3/2022). (REUTERS/Brian Snyder)
Will Smith menerima Oscar untuk Aktor Terbaik dalam "King Richard" di Academy Awards ke-94 di Hollywood, Los Angeles, California, AS, Minggu (27/3/2022). (REUTERS/Brian Snyder)

Sebelumnya panggung Academy Awards sempat dihebohkan dengan aksi Will Smith yang tak disangka menampar Chris Rock di atas panggung Oscar 2022 pada Minggu (27/3) waktu setempat.

Peristiwa bermula kala Chris Rock menjadikan Jada Pinkett, istri Will Smith sebagai bahan guyonan di atas panggung Oscar sebelum membacakan pemenang kategori film dokumenter terbaik.

"Jada aku mencintaimu, 'G.I Jane 2' tidak sabar melihatnya," kelakar Rock di atas panggung.

Candaan Rock sendiri merujuk pada film G.I Jane yang rilis pada 1997, di mana Demi Moore, pemeran utama dalam film tersebut tampil botak.

Jada Smith sendiri tampil botak pasca mencukur habis rambutnya karena berkaitan dengan penyakit alopecia yang diidapnya. Penyakit ini membuat rambut yang penderita rontok.

Dalam tampilan kamera, Will Smith yang mendengar guyonan Chris Rock terlihat tertawa, kendati Jada sudah menampakkan wajah kesal saat kamera menyorot dirinya.

Tak lama kemudian, Will Smith berjalan naik ke atas panggung. Chris Rock yang semula menduga Will Smith akan ikut bercanda, justru mendaratkan tamparan keras ke pipinya. Suara tamparan itu bahkan terdengar jelas dan masuk siaran langsung.

Tak hanya menampar Chris Rock, Will Smith juga kedapatan sempat berteriak saat kembali ke tempat duduknya. "Keep my wife out of your f'cking mouth!," teriak Will Smith merujuk kepada Chris Rock agar tidak membicarakan istrinya.

Will Smith sendiri telah membuat keputusan untuk mundur dari Academy of Motion Picture Arts and Sciences (AMPAS), sebagai bentuk konsekuensi atas perbuatan yang dilakukannya di atas panggung Oscar.

"Tindakan saya pada gelaran Academy Awards ke-94 mengejutkan, menyakitkan, dan tidak bisa dimaafkan," kata Smith awal bulan ini.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Plakkk! Will Smith Tampar Chris Rock di Oscar 2022


(cha/cha)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading