Cokelat Kinder Ditarik dari Pasar Inggris, Ada Apa?

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
05 April 2022 12:17
Telur coklat Kinder Surprise (REUTERS/Caren Firouz/File Photo)

Jakarta, CNBC Indonesia - Grup perusahaan makanan asal Italia, Ferrero, menarik produk telur cokelat Kinder Surprise mereka dari sejumlah supermarket di Inggris. Penarikan produk ini adalah buntut dari laporan adanya lusinan Kinder Surprise yang diduga mengandung bakteri salmonella. 

Kinder Surprise adalah makanan populer yang dipasarkan untuk anak-anak, berisi mainan koleksi kecil di dalam cangkang telur cokelat. Di Indonesia, produk ini dipasarkan dengan merek Kinder Joy. 

Penarikan Kinder Surprise di Inggris berlaku baik untuk produk yang dijual satuan maupun multipak. 


"Kami secara sukarela menarik sejumlah batch Kinder Surprise sebagai langkah pencegahan, karena kami telah mengetahui kemungkinan adanya hubungan dari sejumlah kasus salmonella yang dilaporkan," kata pemberitahuan penarikan tersebut, dikutip dari laporan Reuters, Selasa (5/4/2022).

Ferrero mengatakan cokelat Kinder yang terkena dampak diproduksi di Belgia. Ada kemungkinan mereka juga akan menarik produk yang sama di negara lain. 

Penarikan produk ini terjadi dua pekan menjelang Paskah, momen di mana banyak orang di Inggris membeli dan memakan telur cokelat.

Badan Standar Makanan Inggris (FSA) menyarankan pelanggan untuk tidak memakan produk yang terpengaruh, yang mencantumkan tanggal 'Best Before' antara 11 Juli dan 7 Oktober.

Setidaknya ada 63 kasus penyakit berkaitan dengan Kinder Surprise yang dilaporkan, sebagian besar adalah anak-anak di bawah 5 tahun, kata Badan Keamanan Kesehatan Inggris.

"Kami tahu bahwa produk khusus ini populer di kalangan anak kecil, terutama menjelang Paskah, jadi kami akan mendesak orang tua dan wali anak-anak untuk memeriksa apakah ada produk yang sudah ada di rumah mereka yang terpengaruh oleh penarikan ini," kata perwakilan FSA, Tina Potter.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

Duh! Korban Coklat Kinder di Inggris Bertambah Jadi 67 Anak


(hsy/hsy)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading