Cukup Konsumsi Makanan Enak Ini, Kolesterol Bisa Normal Lagi

Lifestyle - Linda Hasibuan, CNBC Indonesia
26 January 2022 18:40
kolesterol (Nataliya Vaitkevich via Pexels)

Jakarta, CNBC Indonesia - Tubuh manusia membutuhkan kolesterol yang bisa didapatkan dari makanan. Namun, kolesterol dengan kadar tinggi dapat memicu datangnya penyakit, seperti asam urat dan stroke.

Namun, Anda tak perlu khawatir karena ada cara mudah untuk menurunkan kadar kolesterol dengan mengonsumsi makanan berikut.

1. Ikan Salmon


Pada ikan salmon terdapat kandungan omega 3 yang dipercaya ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Selain rasanya yang lezat dan bisa membantu menurunkan kolesterol, ternyata ikan salmon bisa membantu perkembangan otak, menjaga kesehatan tulang, rambut, kulit dan lainnya.

2. Ikan Tuna

Sama halnya dengan ikan salmon, ikan berlemak seperti ikan tuna juga memiliki kandungan omega 3 yang bagus untuk menurunkan kolesterol. Mengonsumsi ikan tuna bisa memberikan manfaat lainnya seperti membantu memperlancar aliran darah dan melindungi kesehatan jantung Anda.

3. Tempe dan Tahu

Tempe dan tahu memiliki kandungan fitokimia seperti saponin, fitosterol, lechitin dan asam linoleat yang berperan aktif untuk menurunkan kolesterol pada tubuh. Mengonsumsi produk-produk dari kedelai dipercaya mampu menjaga tubuh dari risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

4. Kacang-Kacangan

Ternyata makan kacang-kacangan bisa jadi cara ampuh untuk menghancurkan kolesterol dalam darah. Anda bisa mengonsumsinya sebagai cemilan atau dicampurkan dengan salad.

Kacang-kacangan mengandung lemak tidak jenuh dan serat yang mampu menjaga kolesterol pada keadaan normal. Anda bisa memilih kacang-kacangan seperti almond dan kenari untuk dikonsumsi.

5. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam bisa menjadi opsi makanan penurun kolesterol yang ampuh. Terdapat kandungan antioksidan pada sayuran hijau yang bisa meningkatkan produksi asam empedu sehingga akumulasi kolesterol pada darah dapat dicegah.

6. Dark Coklat

Coklat memiliki kandungan zat anti inflamasi dan antioksidan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi. Coklat atau khususnya dark coklat mampu menurunkan kolesterol pada darah dengan mengonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan. Karena coklat juga termasuk pada makanan yang tinggi kalori.

7. Susu Kedelai

Olahan kedelai yang dijadikan susu kedelai bisa membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh. Susu kedelai memiliki popularitas di kalangan masyarakat dan banyak digunakan sebagai pengganti susu sapi. Tetap konsumsi susu kedelai pada batas wajar untuk menerima manfaatnya.


[Gambas:Video CNBC]
Artikel Selanjutnya

21 Makanan 'Penghancur' Kolesterol yang Ampuh dan Aman


(hsy/hsy)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading