21 Makanan 'Penghancur' Kolesterol yang Ampuh dan Aman

Lifestyle - Tim Redaksi, CNBC Indonesia
24 November 2021 14:35
Ilustrasi Cuka Apel (Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash) Foto: Ilustrasi Cuka Apel (Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash)

Jakarta, CNBC Indonesia - Kolesterol sebenarnya sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk memproduksi vitamin D, membangun sel-sel tubuh agar tetap berfungsi normal, proses pencernaan hingga memproduksi hormon.

Sementara, jika kadar kolesterol terlalu tinggi justru akan membahayakan tubuh dan menyebabkan berbagai komplikasi.

Risiko orang yang memiliki kadar kolesterol berlebihan bisa menimbulkan hambatan pada aliran darah di Jantung hingga menyebabkan terkena penyempitan arteri, penggumpalan darah, stroke ringan, stroke dan serangan jantung.

Melihat risiko-risiko berbahaya yang bisa disebabkan oleh kadar kolesterol tinggi, akan lebih baik jika melakukan upaya pencegahan.

Makanan Penurun Kolesterol

Salah satu cara mencegah risiko yang disebabkan oleh kolesterol tinggi adalah dengan mengontrol makanan dan minuman yang masuk ke dalam tubuh.

Ternyata makanan dan minuman yang biasa kita temukan sehari-hari bisa dijadikan makanan penghancur kolesterol. Kira-kira makanan dan minuman apa saja ya?

1. Oatmeal

Oatmeal dikenal sebagai makanan yang mengandung nutrisi baik untuk kesehatan. Kandungan serat yang terdapat pada oatmeal dipercaya dapat menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

Oatmeal sendiri adalah makanan sehat yang kaya akan nutrisi dan bisa dikonsumsi setiap hari. Makanan dengan bahan dasar gandum ini mengandung beta glucan yang bisa membantu mengurangi penyerapan kolesterol dari makanan yang dikonsumsi.

Bahkan, oatmeal banyak dijadikan pengganti nasi dan membantu orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

2. Ikan Salmon

Pada ikan salmon terdapat kandungan omega 3 yang dipercaya ampuh untuk menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

Selain rasanya yang lezat dan bisa membantu menurunkan kolesterol, ternyata ikan salmon bisa membantu perkembangan otak, menjaga kesehatan tulang, rambut, kulit dan lainnya.

3. Ikan Tuna

Sama halnya dengan ikan salmon, ikan berlemak seperti ikan tuna juga memiliki kandungan omega 3 yang bagus untuk menurunkan kolesterol.

Mengonsumsi ikan tuna bisa memberikan manfaat lainnya seperti membantu memperlancar aliran darah dan melindungi kesehatan jantung Anda.

4. Tempe dan Tahu

Tempe dan tahu memiliki kandungan fitokimia seperti saponin, fitosterol, lechitin dan asam linoleat yang berperan aktif untuk menurunkan kolesterol pada tubuh.

Mengonsumsi produk-produk dari kedelai dipercaya mampu menjaga tubuh dari risiko penyakit jantung koroner dan stroke.

5. Kacang-Kacangan

Ternyata makan kacang-kacangan bisa jadi cara ampuh untuk menghancurkan kolesterol dalam darah. Anda bisa mengonsumsinya sebagai cemilan atau dicampurkan dengan salad.

Kacang-kacangan mengandung lemak tidak jenuh dan serat yang mampu menjaga kolesterol pada keadaan normal. Anda bisa memilih kacang-kacangan seperti almond dan kenari untuk dikonsumsi.

6. Sayuran Hijau

Sayuran hijau seperti kangkung dan bayam bisa menjadi opsi makanan penurun kolesterol yang ampuh.

Terdapat kandungan antioksidan pada sayuran hijau yang bisa meningkatkan porduksi asam empedu dari kolesterol. Sehingga akumulasi kolesterol pada darah dapat dicegah.

7. Dark Coklat

Coklat memiliki kandungan zat anti inflamasi dan antioksidan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi.

Coklat atau khususnya dark coklat mampu menurunkan kolesterol pada darah dengan mengonsumsi secukupnya dan tidak berlebihan. Karena coklat juga termasuk pada makanan yang tinggi kalori.

8. Susu Kedelai

Olahan kedelai yang dijadikan susu kedelai bisa membantu Anda untuk menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh.

Susu kedelai memiliki popularitas di kalangan masyarakat dan banyak digunakan sebagai pengganti susu sapi. Tetap konsumsi susu kedelai pada batas wajar untuk menerima manfaatnya.

9. Bawang Bombay

Ada juga kelompok bawang-bawangan yang bisa membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh. Salah satunya adalah bawang bombay.

Bawang bombay sendiri sering digunakan sebagai bumbu masakan sehari-hari. Ternyata, bawang bombay mengandung flavonoid yang bisa mencegah kolesterol menyumbat pembuluh darah.

10. Bawang Putih

Selanjutnya dari kategori bawang-bawangan, masih ada satu lagi yang bisa membantu menurunkan kolesterol, yakni bawang putih.

Selain untuk menurunkan kolesterol, bawang putih mampu mencegah penyakit lainnya seperti hipertensi, infeksi, penyumbatan pada pembuluh darah hingga mencegah adanya plak pada arteri.

11. Yoghurt

Olahan susu yang difermentasi dan menjadi yoghurt ini ternyata memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Dengan kandungan ester stanol nabati di dalamnya, yoghurt mampu membantu menurunkan kadar kolesterol pada tubuh.

12. Minyak Zaitun

Minyak zaitun mengandung kandungan lemak tidak jenuh di dalamnya dan tinggi akan kandungan vitamin E.

Kandungan-kandungan yang ada di dalamnya sangat ampuh untuk menurunkan kolesterol. Minyak zaitun sering digunakan untuk memasak dan menjadi campuran makanan seperti salad.

13. Minyak Udang

Minyang udah atau yang kita ketahui sebagai minyak krill ini memiliki kandungan omega 3 yang sangat baik untuk kesehatan. Sehingga minyak udang memiliki banyak manfaat baik untuk kesehatan tubuh termasuk menjaga kadar kolesterol.

Buah-Buahan Penurun Kolesterol

Beralih dari makanan-makanan yang bisa membantu menurunkan berat badan, ada juga buah-buahan yang mampu membantu menjaga kadar kolesterol agar tetap normal.

1. Pisang

Buah pisang adalah salah satu buah dengan banyak nutrisi dan manfaat yang sangat mudah ditemukan.

Mengonsumsi pisang ternyata bisa membantu menurunkan kadar kolesterol tubuh loh. Terdapat kandungan inulin pada pisang yang berperan aktif untuk mengurangi kolesterol dari makanan yang masuk ke tubuh.

2. Alpukat

Alpukat adalah buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh tunggal, fitosterol dan polifenol yang baik untuk menjaga kadar kolesterol darah.

Buah alpukat bisa dijadikan makanan diet yang aman untuk dikonsumsi bagi Anda yang memiliki masalah berat badan hingga obesitas.

3. Apel

Buah apel memiliki kandungan polifenol antioksidan yang baik untuk kesehatan dan mampu untuk memperlambat oksidasi kolesterol jahat.

Kandungan antioksidan yang ada pada apel bisa membantu mencegah peradangan dan plak pada arteri. Apel mengandung banyak vitamin yang bisa membantu tubuh agar tetap sehat.

4. Buah Beri

Buah beri memiliki kadar polifenol yang merupakan antioksidan. Kandungan tersebut menjadi alasan utama buah beri bisa dimanfaatkan untuk menurunkan kadar kolesterol darah.

5. Jeruk

Jeruk kaya akan vitamin C dan sudah sangat terkenal baik untuk kesehatan tubuh. Selain vitamin C, jeruk memiliki kandungan fitoserin yang berfungsi untuk menurunkan kolesterol.

Selain itu, mengonsumsi jeruk juga bisa menjadi penghambat penyerapan kolesterol pada makanan yang masuk ke dalam tubuh.

6. Delima

Delima juga termasuk buah yang mengandung antioksidan tinggi. Kandungan antioksidan tersebut bisa menghancurkan kolesterol pada tubuh dan menjaganya pada batas normal.

Buah delima mampu menjaga kesehatan jantung dan mengurangi adanya penumpukan lemak jahat yang ada pada tubuh.

7. Terung

Terung atau yang sering disebut terong mengandung banyak serat yang bermanfaat untuk melarutkan kolesterol pada usus. Di dalamnya terdapat antosianin yang mampu mencegah penyakit jantung koroner dan hipertensi.

8. Timun

Timun banyak digunakan untuk menjadi lalapan pendamping dari makanan utama. Ternyata timun dipercaya mampu menurunkan kolesterol karena kandungan seratnya yang cukup tinggi.

Timun bisa bermanfaat untuk mengurangi lemak jahat pada saluran pencernaan. Kandungan lainnya seperti kalium dan magnesium pada timun juga baik untuk mencegah darah tinggi.

Kapan Anda Harus ke Dokter?

Jika Anda sudah melakukan pencegahan-pencegahan seperti mengonsumsi makanan penurun kolesterol dan mengatur pola hidup sehat seperti berolahraga teratur tetapi kadar kolesterol tetap tinggi dalam beberapa hari, maka segeralah mengunjungi dokter.

Apalagi jika kolesterol sampai mengganggu aktivitas Anda. Ada beberapa tanda Anda memiliki kolesterol tinggi diantaranya:

1. Kaki dan tangan yang mudah kesemutan.

2. nyeri pada dada atau pada lengan (angina) karena aliran darah menuju ke jantung tidak lancar.

3. Gampang lelah karena kekurangan kadar oksigen.

4. Otot kaku yang sangat lemah.

Pemeriksaan kadar kolesterol pada darah sebaiknya dilakukan apalagi jika Anda memiliki berat badan yang berlebih, tekanan darah tinggi, diabetes dan ada riwayat kardiovaskular.

Penanganan cepat dari tenaga medis bisa membantu mencegah timbul nya masalah-masalah yang lebih parah.



[Gambas:Video CNBC]

(dru)
Terpopuler
    spinner loading
Features
    spinner loading